Pemulangan Eks Gafatar Asal Jabar di Kalbar Bertahap

Kombes Pol Sulistyo Pudjo

Kombes Pol Sulistyo Pudjo

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sebanyak 439 orang eks-Gafatar asal Jawa Barat tercatat berada di Kalimantan Barat. Secara bertahap, mereka akan dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing.


“Hasil pengecekan ada 439 warga Jabar eks-anggota Gafatar yang berada di Kalimantan Barat,” ujar Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono via pesan singkat yang di terima pojokbandung.com, Jumat (22/1/2016).

Pudjo mengatakan, mereka sempat tinggal di empat kabupaten yang masuk wilayah Kalimantan Barat yaitu Kabupaten Mempawah, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sambas dan Kabupaten Kubu Raya. Dirinya menyebut, seluruh warga Jabar itu bergabung bersama eks-Gafatar lainnya dari Jateng, Jatim, Yogyakarta, Jakarta dan Banten.

“Sekarang mereka mengungsi di Pontianak, namun kita terus mencari dan menelusuri ada atau tidaknya warga Jabar eks Gafatar berada di kabupaten lainnya di Kalimantan Barat,” ujarnya.

Berdasarkan data yang di terima oleh jajaranya, Pudjo mengatakan, warga Jabar yang ditampung dari Kabupaten Mempawah sebanyak 207 orang, Kabupaten Bengkayang ada 205 orang dan Kabupaten Sambas tercatat tujuh orang.

Selain itu, sambung Pudjo, sedikitnya 20 warga Jabar dari Kabupaten Kubu Raya sudah ditampung di Kipan B Yonif 643/Wns.

“Mereka secara bertahap akan dipulangkan,” ujar Pudjo.

Pudjo menambahkan, pada Jumat ini sebagian warga Jabar, sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing, bersama rombongan eks-Gafatar dari provinsi lain rencananya dipulangkan menggunakan KRI Teluk Amboina menuju Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Jawa Tengah. Warga Jabar dipulangkan itu berdomisili di Bandung, Depok, Bekasi, Tasikmalaya, Bogor, Cirebon, Kuningan dan Garut.

“Nanti kami berkoordinasi dengan Pemda Jabar soal bagaimana teknis penjemputan,” kata Pudjo.(cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …