Jawa Pos Award: Uwais, Ibu Risma, JKT48, dan Masih Banyak Lagi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Jawa Pos Group (JPG) untuk kali pertama memberikan penghargaan kepada sosok-sosok berpengaruh dari Aceh sampai Papua. Ada banyak bidang yang diberi penghargaan, diharapkan mereka bisa terus menginspirasi untuk membuat Indonesia jauh lebih baik.


JPG Awards akan digelar di hotel Fairmont Jakarta siang hari ini (22/1). Acara akan menempati 3 ballroom yang dijadikan satu. Dalam acara itu, penghargaan diberikan kepada sosok inspiratif yakni bupati dan wali kota terbaik. Lantas, pengusaha muda terbaik, atlet terbaik, dan selebriti terbaik.

Direktur Utama JPG Suhendro Boroma mengatakan, penghargaan juga diberikan pada top 10 partner bisnis, top 10 advertising agency, dan lifetime achievement kepada tiga bidang. Yakni, marketing, dunia hiburan, dan olahraga. ’’Kami ingin jadi bagian untuk mentradisikan inspirasi,’’ ujarnya di hotel Fairmont, kemarin.

Metode dalam menjaring nama-nama berprestasi juga berbeda dengan penghargaan lainnya. Sebab, kandidat diseleksi seluruh jaringan JPG yang mencapai 200 perusahaan media cetak, online, sampai televisi. Itu untuk menunjukkan kalau sosok inspirasi tidak selalu dari pusat maupun kota-kota besar saja.

’’Seperti Bupati dan Wali Kota terbaik, mereka frontliner pembangunan. Yang bisa merasakan, ya rakyatnya langsung,’’ terangnya. Cara itu juga disebutnya untuk merasakan keberadaan JPG di daerah. Mereka yang merasakan manfaat dari pemimpinnya bisa mengusulkan untuk jadi terbaik.

Lebih lanjut dia menjelaskan, penghargaan itu juga untuk membuktikan bahwa JPG bukan tipikal media yang sukanya berita buruk saja. Menurutnya, good news is good news dan tetap perlu diapresiasi. ’’Bukan hanya bisa mengkritik, tapi juga memberikan apresiasi bagi yang berprestasi,’’ tuturnya.

Penerima awards sudah mengkonfirmasikan kehadirannya. Misalnya, Iko Uwais, JKT48, Merry Riana, Nadiem Makarim, Hermawan Kertajaya, sampai Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas harusnya ikut menerima penghargaa, tapi dia tidak bisa hadir karena ada di Madrid, Spanyol.

Dia menerima penghargaan dari Badan Pariwisara PBB (UNWTO) dan mengalahkan nominator dari Kolombia, Kenya, dan Puerto Rico.

Komisaris Utama JPG Azrul Ananda menambahkan, ada 4.013 anggota redaksi yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Itu artinya, yang diberi penghargaan bisa berbangga karena merefleksikan pilihan orang se-Indonesia. ’’Besok (hari ini, Red) yang pertama, dan semoga jadi awal yang panjang di masa depan,’’ terangnya.

Dalam acara nanti, JPG tidak hanya memberikan penghargaan pada sosok inspiratif, tetapi juga untuk internal. Awards diberikan kepada koran-koran yang secara impresif bisa menunjukkan kinerja baik.

Kategorinya, ada best photography yang nominasinya dari Rakyat Sulsel dengan foto perjuangan siswa meniti jembatan rusak untuk sekolah, Radar Cirebon menampilkan foto peserta ujian akhir yang menggendong bayinya, dan ledakan kapal dari Pontianak Post.

Untuk kategori infografis terbaik, ada Radar Tegal tentang Danau Beko dan Galian yang terbit 22 Juni 2015. Lantas, Kaltim Post menampilkan infografis Battle of Greatness antara Manny Pacquiao melawan Floyd Mayweather Jr. Terakhir, Radar Bogor dengan infografis soal data dan fakta minuman alcohol di Indonesia.

Kategori lainnya adalah penilaian terhadap overall design koran. Penghargaan diperebutkan Radar Bogor terbitan 3 September 2015, Kaltim Post edisi 15 November 2015 dengan cover teror Perancis, serta Harian Pagi Fajar yang terbit 3 Desember 2015.

Penghargaan berikutnya adalah, tulisan terbaik di JPG. Nominasinya, Radar Bogor dengan karya Pelayanan Sekarang Asuransi Sehat. Ada juga Malut Post yang menurunkan tulisan Kapal puluhan Miliar Mubazir. Terakhir, Sumatera Ekspres dengan tulisan Ilegal Drilling di Musi Banyuasin. (dim)

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …