Inilah 6 Tips Menyesuaikan Diri untuk Anak Baru di Kantor

POJOKBANDUNG.com, Banyak hal yang dirasakan ketika kita diterima kerja di suatu tempat. Senang pasti, namun terkadang rasa deg-degan, binggung, atau khawatir sering menyelimuti hari pertama bekerja. Timbul perasaan tidak percaya diri sehingga terkadang kita tidak fokus dalam mengerjakan sesuatu yang berakibat pada pekerjaan kita. Pasalnya anda ingin hari pertama bekerja dengan berjalan lancar dan sempurna sehingga bisa memberikan kesan yang baik di mata mereka.


Jangan khawatir, perasaan tersebut normal,kok! Setiap orang pasti mengalaminya. Jadi, tarik napas dan lakukan 6 tips menyesuaikan diri di kantor tempat kerja baru anda.

  1. Dress to Impress

Menjaga penampilan dalam dunia professional sangatlah penting. Kesan pertama dapat membangun images yang baik di kantor. Gunakan pakaian yang menurut anda nyaman akan tetapi harus memperhatikan aturan yang berlaku di kantor. Jangan sampai anda salah dalam berbusana. Sehingga tidak menjadi pusat perhatian oleh orang-orang yang berada di kantor.

  1. Kepribadian yang Positif

Sebagai anak baru, pasti banyak pekerjaan yang melibatkan rekan kerja lain yang lebih senior di kantor. Tunjukan anda memiliki kepribadian yang baik seperti senyum, ramah dan apabila tidak mengerti tidak sungkan untuk bertanya. Tunjukan sopan santun seperti berkata “permisi”,”maaf”,”tolong”, dan “terimakasih”. Jika anda membiasakan diri untuk menghargai teman-teman kerjamu dari awal,maka teman kerja anda akan memperlakukan hal yang sama kepada anda.

  1. Budaya Kantor

Sebagai anak baru, anda harus mempelajari budaya di kantor seperti apa. Anda bisa melihat bagaimana tipe kantor yang baru ini, bagaimana cara berinteraksi antar rekan kerja, dan pelajari nilai-nilai yang ada di kantor sambil mengerjakan tugas anda. Seiring berjalannya waktu, anda akan terbiasa dengan budaya kantor yang diterapkan sehigga bisa bertindak dan berperilaku sesuai di kantor.

  1. Nyalakan antusiasme

Hari pertama di kantor baru, anda harus menanamkan rasa antusiasme yang tinggi serta rasa percaya diri. Datang ke kantor tepat waktu, mengikuti prosedur dan aturan di kantor, dan berpartisipasilah dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di kantor anda. Tunjukan bahwa anda benar-benar pilihan yang tepat dan tidak mengecewakan.

  1. Ingat nama dan posisi

Ketika anda bekerja di tempat baru anda akan berinteraksi dengan banyak orang dengan berbagai posisi di tempat kerja anda. Usahakan anda untuk mengingat nama rekan kerja, minimal satu bagian atau divisi. Mintalah bantuan salah satu rekan kerja anda untuk membantu supaya anda bisa lebih mudah mengingat nama rekan kerja lainnya. Mengetahui posisi orang di sebuah perusahan atau tempat kerja sangatlah penting, maka alangkah lebih baiknya jika anda mengingat nama dan posisi atau kedudukan rekan kerja anda.

  1. Cari teman-teman baru

Bagi anda yang pertama masuk kerja maka hal yang pertama kali anda lakukan adalah mencari teman baru. Jangan ragu membantu atau menyapa terlebih dahulu. Sapaan halo atau hai yang sederhana sebagai penolong dalam bergaul dengan teman-teman baru. Jangan ragu membuka percakapan atau bertanya. Maka dengan suka hati rekan kerjamu membantumu beradaptasi di kantor. (NKN)

Loading...

loading...

Feeds

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …