Pansus TPPAS Desak Perhutani Tuntaskan Pembebasan Lahan

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Panitia khusus DPRD Jawa Barat tentang Rancangan Peraturan Daerah Pengelolaan Sampah Regional mendesak Perhutani agar segera membebaskan lahan untuk tempat pembuangan dan pengelolaan akhir sampah di Nambo, Bogor. Hal ini penting agar proses pembebasan lahan bisa segera tuntas.

Anggota pansus DPRD Jabar, Dady Rohanadi, mengatakan, hingga saat ini proses pembebasan lahan masih belum jelas. Maka dari itu, selama ini terus mendorong pembangunan TPPAS Nambo.

Pihaknya mengusulkan TPPAS tersebut memiliki 100 hektare dalam pembangunannya. “Tapi yang di-acc hanya 40 hektare. Beruntung tuan rumah Kabupaten Bogor menghibahkan sekitar 15 hektare, jadi totalnya 55 hektare,” kata Dady di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Kamis (21/1).

Dady menyebut, lahan 40 hektare tersebut merupakan milik Perhutani. Perhutani mengaku akan menyerahkan lahan tersebut secara utuh kepada Pemprov Jabar.

“Tetapi ketika komisi IV melakukan kunjungan ke Nambo, ternyata yang 40 hektarenya itu masih ada masalah. Di dalam perjanjian Pemprov Jabar dengan Perhutani, kita akan menerima lahan yang sudah clean and clear,” katanya seraya menyebut di antaranya masih adanya petani yang menggarap lahan tersebut.

Hal ini dinilai sangat memprihatinkan karena pembangunan lahan TPPAS Nambo harus dipercepat. “Kita di Jawa Barat punya kepentingan dengan lahan itu, tapi Perhutani tenang-tenang saja. Pekerjaan tidak akan terselesaikan dengan baik kalau lahannya belum clear,” katanya.

Dady pun meminta semua pihak duduk bersama sehingga bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi. “Makanya kita harus ketemu semuanya,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …