Kisah Haru ‘Manusia Robot’ Asal Karangasem

Manusia Robot: Wayan Sumardana alias Tawan kemarin tengah mengerjakan pekerjaannya sebagai tukang las dengan robot tangan kiri bikinannya sendiri

Manusia Robot: Wayan Sumardana alias Tawan kemarin tengah mengerjakan pekerjaannya sebagai tukang las dengan robot tangan kiri bikinannya sendiri

 


POJOKBANDUNG.com, DENPASAR – Nama Tawan alias Sutawan alias I Wayan Sumardana, warga Banjar Tauman, Desa Nyuhtebel, Manggis, Karangasem, mendadak terkenal se-antero Bali. Semua berawal dari rasa isengnya bikin robot pengganti tangan kirinya yang tak berfungsi.
Menemukan bengkel las listrik milik Wayan Sumardana alias Sutawan alias Tawan di pinggir jalan Raya Tauman, tidak begitu susah, meski tidak juga mudah. Cukup mengandalkan konsentrasi saat menatap jalan, bengkel las sederhana itu bisa ditemukan. Bengkel las listrik yang bercampur dengan gudang barang bekas itu tepat berada di pinggir jalan menuju Desa Tenganan Pengringsingan, Manggis, Karangasem.

Bengkel las yang lahannya merupakan hasil ngontrak itu sekaligus jadi tempat tinggalnya bersama sang istri Ni Nengah Sudiartini (29), dan ketiga anaknya yang masih kecil-kecil.

“Iya, kami tidur di sini (di bengkel las, red),” ujar Sudiartini sambil menunjukkan tempat tidurnya yang hanya beralaskan kardus dikelilingi barang rongsokan.

Beberapa hari terakhir, sosok Wayan Sumardana memang menjadi bahan perbincangan. Banyak orang yang melabeli dirinya manusia robot karena berhasil menciptakan robot tangan yang bisa membantunya membuka usaha bengkel las. Robot itu sebagai pengganti tangan kirinya, yang sama sekali tidak berfungsi. Tangan robot itu mulai berfungsi sejak empat bulan lalu.

Kepada Bali Express (Grup JPNN), Tawan mengisahkan ide pembuatan robot itu berawal dari kisah tragis hidupnya. Sekitar enam bulan lalu, pria berusia 31 tahun ini, mendapat cobaan berat.

Dia tiba-tiba sakit. Perutnya mules, hingga berjam-jam di toilet, namun tak juga mendingan. Bahkan, sampai lemas.

“Karena lemas, waktu itu saya langsung tertidur sekitar pukul 02.00 (pukul 14.00),” kata Sumardana mengawali cerita saat pertama kali dia membikin robot tangan.(*/kadek mertawan/rdr/mus/fri/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …