Disperindag Jabar Minta Penerapan ‘Pajak Daging Sapi’ Ditinjau Lagi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat meminta pemerintah pusat untuk meninjau kembali rencana penerapan pajak pendapatan (Ppn) sebesar 10 persen terhadap daging sapi. Penerapan aturan tersebut dikhawatirkan berdampak pada fluktuasi harga daging sapi di pasaran.


Bahkan, para pedagang daging sapi di sejumlah daerah di Jabar sudah ada yang mogok jualan sebagai bentuk protes adanya aturan tersebut. Kepala Disperindag Jabar Hening Widiatmoko mengatakan, pekan depan akan digelar rapat koordinasi nasional mengenai perdagangan.

Pada kesempatan itu, pihaknya akan menyampaikan harapan tersebut pada pemerintah pusat. “Mungkin di situ bisa bicara. Kalau ini tidak diatasi atau tidak dilakukan peninjauan kembali, ini dapat menjadi masalah karena akan sulit diterima,” kata Hening di Gedung Sate, Bandung, Kamis (21/1).

Menurutnya, penambahan pajak tersebut cukup memberatkan. Terlebih, dampaknya akan terasa secara langsung di tingkat konsumen.

“Daging memang ada kebijakan penambahan pajak dan justru membebani konsumen,” katanya. Disinggung adanya aksi mogok berjualan yang dilakukan pedagang daging sapi di sejumlah daerah, menurutnya hal itu merupakan bentuk protes atas kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat.

Pihaknya akan memelajari terlebih dahulu berbagai informasi di lapangan. “(Mogok) lebih banyak masalah respon atau reaksi kebijakan pemerintah. Itu di pasar ya. Pasar kan masalah hilir, jadi kita belum tahu seperti apa,” ucapnya.

Hening melanjutkan, untuk mengantisipasi meluasnya aksi mogok berjualan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah antisipasi seperti menggelar operasi pasar. “Operasi pasar akan dilakukan kalau memang sudah sangat kritis,” katanya.

Pihaknya berharap akan ada titik terang dalam penyelesaian masalah tersebut. “Jadi masalah harga (daging sapi) itu karena kebijakan yang dirasa membebani,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …