Keajaiban ASI untuk Bayi Prematur

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Ibu yang melahirkan bayi prematur selalu khawatir tidak dapat memberi ASI langsung. Padahal, kalau Anda tak memberikannya akan sangat rugi, karena ASI memiliki banyak keajaiban.


Dokter Spesialis Anak dr. Naomi Esthernita Dewanto SpA(K) mengatakan, apabila ingin memberi ASI pada bayi prematur, dibutuhkan suatu alternatif aman di saat hari pertama kehidupan. Oleh karenanya, kolostrum berfungsi memberikan perlindungan terhadap kekebalan tubuh pada bayi baru lahir.

“Kolostrum sangat bermanfaat bagi bayi baru lahir, sekalipun itu untuk bayi sakit (red: lahir prematur). Meski bayi ditaruh di ruang NICU, kita lakukan stable,” ujar dr Naomi saat membahas Keajaiban Kolostrum Sebagai Terapi Imun, di Jakarta Barat belum lama ini.

Pemberian ASI pada bayi prematur, terang dr Naomi, berfungsi untuk menjaga kadar gula darah, menjaga suhu tubuh, mengatur jalan napas, hingga membuat tekanan darah si bayi stabil.

“Paling penting, ASI terbukti meningkatkan kekebalan tubuh, melawan infeksi dan meningkatkan pematangan saluran pencernaan si bayi yang belum sempurna,” simpul wanita yang juga menjabat sebagai Kepala NICU Siloam Hospital Kebon Jeruk itu. (hel)

Loading...

loading...

Feeds