Innalillahi… Nenek Tewas Tertimpa Longsor di Neglasari Kab Bandung

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, IBUN-Nasib malang menimpa seorang nenek berusia 60 tahun. Nenek warga Kampung Pasir Careuh, Desa Neglasari, Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung ini tewas tertimpa longsor, Rabu (20/1) pagi.


Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Tata Irawan Sobandi mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 07.30. Pada saat itu, nenek bernama Ade, hendak ke kebun mengantarkan makanan untuk suaminya.

Walaupun tidak sedang hujan, tiba-tiba tebing sepanjang 10 meter dengan ketinggian 17 meter ambrol dan menimpa Ade yang sedang berjalan di bawahnya.

“Warga dan BPBD keudian melakukan evakuasi, Ade ditemukan tertimbun tanah sedalam tiga meter,” ujar Tata, Rabu (20/1).

Korban kemudian dimakamkan di dekat permukimannya. Tata mengatakan, longsor terjadi akibat tanah di tebing tersebut sudah jenuh mengandung air sehingga mudah sekali longsor walaupun tidak saat hujan.

“Pada saat kejadian tidak sedang hujan, tapi kemarin sore hingga malam hujan turun cukup deras. Saya mengimbau kepada Masyarakat untuk tetap mewaspadai longsor walaupun hujan sudah reda. Karena tanah bisa saja terisi air dulu, kemudian longsor setelah hujan,” katanya.

Selain di Kecamatan Ibun, lanjut Tata, longsor juga terjadi di Kampung Cilajahhilir, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cimenyan, pada Selasa (19/1) sore sekira pukul 18.00, akibatnya sebuah saung tertimpa tembok penahan tanah.

“Kebun tersebut milik Deden Sudarmawan. Longsor terjadi dengan panjang 13 meter dan lebar 3 meter. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini, tetapi kerugian mencapai sekitar Rp 60 juta,” ucapnya.

Tata mengimbau warga semakin waspada karena semakin mendekati puncak musim hujan. BMKG, katanya, memprediksi puncak musim hujan tahun ini bergeser ke Februari dan Maret sebagai dampak elnino.

Selain mewaspadai kawasan rawan longsor di daerah berbukit dan kaki gunung, banjir pun harus diwaspadai di pinggiran sungai dan kali. Biasanya, banjir dan longsor pun memutus sejumlah ruas jalan di Kabupaten Bandung. (mld)

Loading...

loading...

Feeds