Heryawan Minta KPPU Turun Tangan Tekan Harga Daging Ayam

Pedagang daging ayam

Pedagang daging ayam

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) turun tangan untuk mengantisipasi lonjakan harga daging ayam. Seperti diketahui, saat ini harga daging ayam di pasaran mencapai sekitar Rp 38.650 per kilogramnya.

Heryawan menjelaskan, KPPU harus turun tangan jika diduga adanya praktik kartel di tingkat hulu. Sebab, adanya persaingan tidak sehat ini sangat berdampak terhadap harga di pasaran.

“Kalau ada nuansa kartel di tingkat pemasok pakan, DOC, KPPU harus turun. Karena persaingan menjadi tidak sehat, dampaknya ke konsumen,” kata Heryawan usai bertemu dengan perwakilan Bank Indonesia Jabar, di Gedung Sate, Bandung, Selasa (19/1).

Selain meminta KPPU turun tangan, Heryawan menyebut pihaknya sedang berupaya menelusuri penyebab naiknya komoditas tersebut. Dinas Perindustrian dan Perdagangan bersama Dinas Peternakan Jabar tengah menelusuri aktifitas di tingkat hulu.

“Indag dan peternakan, juga Bulog sedang melihat hulunya. DOC-nya, pakan ternaknya, di mana masalahnya,” paparnya.

Heryawan pun mengapresiasi Badan Urusan Logistik Jabar yang berencana melakukan operasi pasar daging ayam. “Kalau Bulog siap OP, terima kasih. Dalam waktu cepat, operasi pasar lewat penjualan ayam dengan harga-harga di bawah sekarang,” katanya.

Lebih lanjut Heryawan katakan, pemprov bersama pihak lain yang tergabung dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah Jabar terus berupaya menekan inflasi. Menurutnya, koordinasi dengan pihak lain terkait pengendalian inflasi di Jabar sudah berjalan baik.

“Insha Alloh kerjasama ini sangat bagus,” katanya. Kendati begitu, Heryawan memastikan, pengendalian inflasi di Jabar dilakukan dengan tetap mendukung pertumbuhan ekonomi.

Sektor riil perekonomian diharapkan tetap tumbuh meski di saat yang sama dilakukan pengendalian inflasi. “Tekan inflasi tanpa menekan kegiatan ekonomi. Justru menggairahkan ekonomi untuk menekan inflasi,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds