Wow… Relawan Kebakaran Tiap Kelurahan Se Kota Bandung Siap Dibentuk

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Dalam upaya tanggap bencana, Dinas Pencegah dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung melakukan beberapa inovasi.


Hal itu diungkapkan Kepala DPPK Kota Bandung Ferdi Ligaswara kepada wartawan, Senin (18/1).

“Yang pertama dengan membentuk relawan kebakaran di setiap kelurahan. Dengan demikian, jika ada bencana kebakaran, bisa ikut menanggulangi,” ujar Ferdi.

Para relawan ini, kata Ferdi, tidak hanya dilatih tentang bagaimana mencegah dan mengatasi kebakaran. Namun juga mengatasi beberapa bencana lain.

“Sehingga jika di wilayahnya ada bencana, bisa langsung memberikan bantuan,” terangnya.

Selain itu, lanjut Ferdi, pihaknya juga mempunyai inovasi, setiap triseda yang disediakan melalui dana PIPPK, dilengkapi 1 alat pemadam api ringan (APAR).

“Penyediaan APAR juga dari alokasi dana PIPPK,” tambahnya.

Ferdi berharap, penanggulangan kebakaran dengan bantuan triseda akan lebih maksimal.

“Karena kendaraan operasional kami, kan tidak bisa menjangkau daerah-derah yang sempit,” terangnya.

Untuk pengadaan APAR ini, menurut dia, baru akan diadakan tahun ini. Tapi untuk relawan kebakaran, sudah dirintis sejak 2014.

“Dan sekarang, jumlah relawan sekitar 13.214 orang,” terangnya.

Ferdi mengatakan, pihaknya perlu siaga tanggap darurat untuk setiap kemungkinan terjadinya bencana alam. Mengingat sudah ada informasi dari BMKG mengenai tidak menentunya cuaca di Kota Bandung.

Menurut BMKG, imbuh Ferdi, tahun ini akan dilanda kemarau panjang. Khusus Januari, Februari dan Maret, malah akan disertai panas secara tiba-tiba. Kalaupun hujan, akan disertai angin kencang.

“Bukan tidak mungkin misalnya di kawasan Bandung tengah, cuacanya panas, tapi di kawasan lain malah banjir,” pungkasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …