Wow…Dewan Dukung Pengambilalihan Proyek Bandara Kertajati di Majalengka

Desain bandara Kertajati.

Desain bandara Kertajati.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Kalangan DPRD Jawa Barat mendukung keputusan pemerintah pusat yang mengambilalih pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, di Kabupaten Majalengka. Hal ini diyakini berdampak positif karena akan mempercepat proses pembangunan.


Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Waras Wasisto, mengatakan, pembangunan BIJB Kertajati ditargetkan selesai pada 2017 mendatang. Sehingga, dengan waktu yang tersisa saat ini, pengerjaan harus cepat diselesaikan.

“Kalau alasannya agar cepat selesai terkait target 2017, maka kami setuju jika pemerintah pusat mengambil alih pembangunan Bandara Kertajati,” kata Waras di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Senin (18/1). Waras memprediksi, pembangunan BIJB Kertajati tidak akan selesai sesuai target jika hanya mengandalkan APBD Jabar.

Sehingga, menurutnya dana APBN tersebut sangat diperlukan agar pembangunan sesuai rencana. “Setahu kami, untuk bisa selesai itu butuh anggaran antara 4 hingga 5 triliun (rupiah). Anggaran kita (APBD Jabar) tidak akan kuat untuk membiayainya,” katanya.

Kendati begitu, lanjut Waras, terdapat beberapa catatan yang harus diperhatikan jika pemerintah pusat mengambil alih pembangunan BIJB Kertajati.

Salah satunya menyangkut kompensasi terhadap Jabar. “Kalau ini di-take over dalam hal pengelolaan, maka ini harus dibuat semacam MoU yang jelas antara pemerintah pusat dan Pemprov Jabar. Jangan sampai Pemprov Jabar tidak punya apa-apa dari Bandara Kertajati ini,” katanya.

Waras berharap pemprov memiliki peran dalam pengelolaan bandara tersebut. “Jangan sampai tidak memiliki peran dan keuntungan apa-apa terkait keberadaan Bandara Kertajati ini,” katanya.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanadi pun meminta pusat memperhatikan Jabar terkait pembangunan bandara tersebut. Menurutnya, kompensasi ini harus diberikan karena pemprov sudah mengeluarkan banyak biaya untuk pembangunannya.

“Pembebasan lahan dari Pemprov Jabar. Jadi wajar kalau kita minta kompensasi,” katanya.

Namun, menurutnya, pengambilalihan pembangunan BIJB Kertajati ini masih bisa dibatalkan. “Ini tinggal sikap Pak Gubernur dan Dinas Perhubungan. Kemudian ngobrol dengan dewan, putusan kita seperti apa,” katanya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Cara Memperbarui Whatsapp GB

POJOKBANDUNG.com–DENGAN menggunakan whatsapp GB tentu akan mendapatkan banyak fitur yang tidak di miliki whatsapp resmi. Pengguna dapat menginstalnya melalui berbagai …