Pasca-bom Sarinah Objek Wisata Bandung Selatan Tingkatkan Kewaspadaan

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI– Aksi teror bom di Jakarta, membuat masyarakat di sejumlah objek wisata Bandung selatan meningkatkan kewaspadaan.


Camat Rancabali, Kabupaten Bandung, Purnama mengatakan, pasca adanya aksi terorisme di Jakarta, pihaknya langsung membuat surat edaran kepada masyarakat untuk melakukan pengamanan intensif dilingkungannya masing-masing.

Selain untuk menjaga kemanan, langkah tersbut diambil untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dari luar daerah, mengingat Kecamatan Rancabali merupakan kawasan wisata.

“Di sini hampir semua wilayah merupakan kawasan wisata, kami tidak mau ada penyusup teroris dan mengganggu keamanan,”tutur Purnama, Minggu (17/1).

Para pengelola tempat pariwisata terutama pengelola tempat penginapan dan hotel, juga diharuskan melakukan pendataan lebih selektif terhadap pengunjung.

“Ronda malam juga digiatkan kembali,”ucapnya.

Humas pemandian air panas Ciwalini, Herman mengatakan, pihaknya terurs melakukan peningkatan kemanan, bahkan dilakukan sebelum adanya teror bom di Jakarta. Tepatnya setelah ada salah seorang warga Ciwidey yang ditangkap Densus 88.

“Setiap malam juga kami bersama-sama warga melakukan ronda malam. Pengawasan juga secara swadaya masyarakat ini kami lakukan untuk membantu pihak Kepolisian dan TNI, untuk menjaga keamanan dan ketertiban di kawasan objek wisata di Kecamatan Rancabali ini,”ujarnya.

Sehingga, kata dia, meskipun objek wisata pemandian air panas ini tidak buka pada malam hari. Namun tetap ramai oleh warga dan pengelola yang melakukan ronda malam. Tak hanya itu saja, peningkatan pengamanan juga dilakukan oleh aparat kepolisian dan TNI yang terus berpatroli.

Hal senada dikatakan oleh Bagian Pemasaran objek wisata alam Kawah Putih Dedi Heryana, menurutnya, memang sejak dulu juga di objek wisata Kawah Putih diberlakukan piket malam oleh pengelola dan warga sekitar. Namun dengan kejadian teror Jakarta itu, pengamanan diperketat, dengan menambah jumlah personil piket malam. Lalu ditambah oleh ronda malam oleh warga disekitar objek wisata itu, termasuk juga para pengendara angkutan ontang-anting yang biasa mangkal di area objek wisata Kawah Putih. (mld)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …