Ternyata, Ledakan Pertama Bukan di Pospol

Bom_Sarinah_di_pospol.

Bom_Sarinah_di_pospol.

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Sejumlah pemberitaan menyebut ledakan pertama bom beruntut di kawasan Sarinah terjadi di Pos Polisi depan pusat perbelanjaan itu. Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombespol Mohammad Iqbal mengklarifikasi, berdasarkan CCTV ledakan pertama terjadi di Strarbucks pukul 10.40. Berselang 20 detik terjadi ledakan kedua di pos polisi depan Sarinah.


Lima menit setelah ledakan itu petugas ke TKP untuk proses pengaturan lalu lintas. “Saat itu belum tahu ada teror hanya tahu ledakan,” kata Iqbal saat juma pers petang kemarin di Mapolda.

Spot lokasi juga dipenuhi warga. Saat banyak warga berkerumun itu terjadilah penembakan yang dilakukan oleh dua diduga pelaku.

Penembakan langsung terarah ke petugas polantas dan provos yang sedang melakukan pengalihan lalu lintas. “Sesuai SOP, 5 – 10 menit petugas sudah di lokasi,” katanya.

Tidak lama langsung datang lagi petugas. Setelah melakukan penembakan di antara kerumunan warga, kedua pelaku lari ke area parkir di Starbucks. Terjadi baku tembak dengan terduga dua pelaku.

Petugas di seberang dan samping gedung Sarinah. Ada dua penjuru anggota melakukan penyergapan dua pelaku tersebut. Dari depan dan samping Sarinah. Pelaku akhirnya terkena tembakan dan terjepit.

Terlihat dari CCTV pelaku tidak bisa bangun dan berusaha melempar bom rakitan yang menggunakan sumbu trmersebut. Bom sejenis rakitan yang akan dilempar ternyata meledak disana. “Hanya 10 menit kita berhasil melumpuhkan,” katanya.

“Kesimpulan diduga pelaku lima orang,” kata dia. Satu bunuh diri di Starbucks di ledakan pertama. Didapati mayat pelaku dengan luka khas di perut sampai dada. Dua pelaku lain tewas di halaman Sturback dan dua lainnya di pospol yang masih didalami apakah bom bunuh diri atau bukan. (yuz)

Loading...

loading...

Feeds

Tersangka, Rizieq Syihab Terancam 6 Tahun

Polda Metro Jaya akhirnya resmi melayangkan surat panggilan kepada Rizieq Syihab. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu dipanggil terkait kerumunan saat …

Rizieq Syihab Terancam Pidana

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab telah meninggalkan Rumah Sakit (RS) Ummi di Kota Bogor, Sabtu (28/11).