Wow…Entrepreneur Centre STAI Persis Bandung Membludak

Peserta pelatihan mahasiswa STAI.

Peserta pelatihan mahasiswa STAI.

 
POJOKBANDUNG.com, BOJONGSOANG – STAI Persis Bandung melalui Unit Entepreneurs Centre STAI Persis Bandung bekerjasama dengan Unit Kewirausahaan Mahasiswa “Payung Usaha Mahasiwa” (UKM-PUMA) STAI Persis Bandung menggelar rangkaian kegiatan bertajuk penanaman nilai-nilai kemandirian dan kreatifitas entrepreneurship di kalangan mahasiswa. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu minggu mulai tanggal 3 Januari sampai 8 Januari 2016.


Penanggungjawab Kegiatan, A. Badru Rifa’i, M.Hum, mengatakan, rangkaian kegiatan ini berupa pelatihan-pelatihan, workshop produk dan studi inspiratif. “Materi pada kegiatan pelatihan meliputi ‘Mahasiswa Berani Berwirausaha’ dan ‘Strategi Marketing melalui Online’. Materi tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa berani mulai berwirausaha dan bagaimana strategi pemasaran produk dengan modal yang minim,” ujar Badru, Selasa (12/1).

Badru menambahkan, kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan workshop produk handicarft meliputi workshop ‘Kreasi Kerajinan Aksesoris dari Bahan Kayu’ dan ‘Seni Rajut Tangan dan Kreasi Bordir’.

“Pada kegiatan workshop tersbut mahasiswa langsung praktek dengan bimbingan instruktur yang profesioanal dan berpengalaman dibidangnya masing. Pada tahap akhir, semua peserta pelatihan dan workshop mengikuti kegiatan ‘Studi Inspiratif’ ke indiustri kreatif kerajinan kayu dan bordir di Kota Tasikmalaya,” tambah Badru.

“Rangakaian tersebut merupakan starting point bagi mahasiswa STAI Persis Bandung yang diharapkan tumbuh nilai-nilai kemandirian dan jiwa entrepreneurs yang kreatif yang pada akhirnya mampu mengembangkan kreatifitas produk yang bernilai ekonomis dan kompetitif,” sambungnya.

Selain itu, kata Badru, kegiatan entepreneurs centre STAI Persis Bandung mendapat respon yang positif dari kalangan mahasiswa. “Walaupun quota pesertanya dibatasi dengan 40 orang, anatusiasme pendaftaran mahasiswa dalam kegiatan tersebut cukup banyak mencapai 70-80 orang. Melalui seleksi tentang minat, orientasi dan komitmen merupakan indikator keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan ini. Namun, Tentunya siapapun mahasiswa STAI Persis Bandung yang belum berkesempatan ikut dalam kegiatan tersebut, dan berminat kuat ingin mengembangkan nilai-nilai kemandirian dan kreatifitas entrepreneurship, unit ini terbuka lebar dalam pengembangan mahasiswa dalam bidang kewirausahaan mikro di lingkungan kampus,” kata Badru.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bantuan dari Diktis Kementerian Agama RI Subdit Pengembangan Akademik terhadap sejumlah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di seluruh Indonesia. “Program ini bertujuan untuk mengembangkan bidang entrepreneurs di lingkungan PTKIS termasuk STAI Persis Bandung yang memiliki tugas menyiapkan lulusan/sarjana sesuai dengan bidang keahlian kompetensinya, akan tetapi juga menyiapkan lulusan/sarjana yang memiliki wawasan luas, memiliki kemampuan manajerial. Juga memiliki spirit dan passion untuk menciptakan berbagai alternatif dalam mencapai keberhasilan sekaligus berdikari dalam mempersiapkan sejak awal menuju masa depan yang lebih baik lagi melalui peningkatan lifeskill dan softskill dalam bidang entrepreneurship,” pungkas Badru. (azm)

 

Loading...

loading...

Feeds

43 Prajurit TNI Ditukar US Army

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan beberapa perwakilan dari tentara Amerika untuk Indonesia. Dalam pertemuan …