MUI Jabar: Gafatar Reinkarnasi Al-Qiadah Al-Islamiah

Rafani Achyar

Rafani Achyar

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat mengindikasi organisasi masyarakat Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) merupakan reinkarnasi dari aliran Al-Qiyadah Al-Islamiyah pimpinan Ahmad Musadeq. Sekretaris Umum MUI Jabar Rafani Achyar mengatakan, dua tahun lalu pihaknya sudah melakukan pengamatan saat Gafatar muncul untuk pertama kalinya.

Bahkan, pihaknya pun sudah mengimbau pemerintah agar memantau hal tersebut. “Karena dari awal kami mencium sepertinya Gafatar itu reinkarnasi dari aliran Al-Qiyadah Al Islamiyah,” kata Achyar saat dihubungi, Rabu (13/1).

Dia menjelaskan, pada awal kemunculannya dua tahun lalu, Gafatar merupakan organisasi yang mengusung kegiatan-kegiatan sosial. Beberapa di antaranya seperti pembinaan petani, pengobatan gratis, dan pembagian sembako.

“Seperti di Subang itu mereka membina petani. Memang benar-benar dibina karena ada yang ahli pertanian. Kabarnya juga warga dibantu pupuk, bibit, dari sisi pelaksanaan harus demikian,” katanya.

Menurutnya, pembinaan terhadap masyarakat yang dilakukan oleh Gafatar berjalan dengan sangat baik. Hal ini menjadikan Gafatar mudah diterima masyarakat.

“Jadi, lama-kelamaan masyarakat yang jadi binaan mereka berinteraksi terus. Selama itu pula masyarakat didoktrin, akhirnya meledak sekarang. Banyak laporan,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepolisian untuk segera membongkar dan menuntaskan kasus Gafatar terutama di Jabar. “Ini kesempatan aparat untuk membongkar, Untuk aparat ini momentum ada untuk membongkar, kalau memang sama seperti dokumen Al-Qiyadah Al-Islamiyah, kan gampang tangkap tokohnya. Organisasi dibubarkan, dan jamaah dibina lagi,” katanya seraya menyebut MUI Jabar telah diundang Polda Jabar untuk menghadiri rapat koordinasi terkait penanganan Gafatar. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …