Komplotan Pencuri Spesialis Perkantoran di Kab Bandung Diringkus

Komplotan maling ditangkap. (mildan)

Komplotan maling ditangkap. (mildan)

POJOKBANDUNG.com, BOJONGSOANG– Satreskrim Polsek Bojongsooang, menangkap kawanan sindikat pencurian spesialis perkantoran dan pertokoan di wilayah Kabupaten Bandung.


Para tersangka pencuri ini di antaranya SAG, D, AS, IJ, dan SMJ. Mereka berlima membobol Kantor BPR Sarikusuma Surya Nomor 21/193 di Jalan Raya Cijagra, Desa/Kecamatan Bojongsoang, pada 3 Januari 2016 pukul 03.00. Selain itu, tersangka juga membobol kantor Permodalan Nasional Madani pada 8 November lalu. Satu orang tersangka yakni R masih buron.

Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan mengatakan para pencuri yang ditangkap tersebut, merupakan sindikat pencurian spesialis perkantoran dan Toko di wilayah Baleendah, Ciparay, dan Soreang.

“Mereka biasa menggasak alat alat eletronik di perkantoran, kalau di toko, barang yang dicuri biasanya tabun gas atau barang lainnya,”tutur Erwin, Rabu (13/1).

Dalam menjalankan aksinya, para tersangka membagi tugas dan peran, ddimana sebelum menjalankan aksinya, salah seorang tersangka melakukan pengamatan situasi.

Jika ada kantor atau toko yang tidak dijaga, maka terrsangka lain melakukan aksinya, diawali seorang sepesialis membuka kunci gembok menggunakan gegep untuk baja. Seorang kemudian mencongkel pintu masuk, setelah pintu berhasil dibuka, mereka menggasak barang-barang.

Dicontohkannuya, Pada kasus pencurian di Kantor BPR Sarikusuma Surya, AS berperan sebagai sopir mobil rentalan, sedangkan IJ mengawasi kondisi sekitar gedung. SMJ menyediakan sebuah mobil untuk membantu operasi teraebut. SAG dan D selaku eksekutor membuka gembok pagar, rolling door, dan pintu kaca, menggunakan kunci L, linggis, dan gunting baja. SAG dan D pun mengambil sejumlah barang berharga dan elektronik dari kantor tersebut dan kabur bersama barang curian menggunakan mobil.

Sebelumnya di Kantor PNM, SAG dan R melakukan pencurian hanya berdua. Mereka membongkar kunci gerbang dan pintu, kemudian membawa kabur sejumlah peralatan komputer dan genset menggunakan sepeda motor. Mereka bolak-balik membawa barang curian berupa komputer dan genset dari gedung kantor ke sebuah tempat sampah di Baleendah menggunakan motor. Setelah semua barang curian terkumpul di tempat sampah, mereka membawa semuanya ke rumah orang tua SAG.

Para tersangka ini kemudian ditangkap secara terpisah setelah melakukan aksinya dalam waktu dan tempat berbeda. Barang bukti yang diamankan dari para tersangka di antaranya sebuah mesin genset, mobil Daihatsu Xenia bernomor polisi D 32 DS yang disewa komplotan ini untuk menjalankan aksinya, sebuah sepeda motor Honda Revo bernomor polisi D 4349 VBL, televisi LED, monitor komputer, 2 handphone, dan peralatan seperti gunting baja, linggis, golok, dan kunci L.

Sebagian barang hasil curian sudah mereka jual, sedangkan sisanya diamankan. Uangnya dibagi-bagikan kepada para anggota sindikat. Mereka melanggar KUHPidana Pasal 363 ayat 3e, 4e, dan 5e, dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

“Beberapa orang tersangka merupakan residivis kasus yang sama,”ujarnya. (mld)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Libur Natal-Tahun Baru Dipangkas 3 Hari

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA– Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) akhirnya jadi dipangkas. Pemerintah memutuskan mengurangi jatah libur Nataru selama …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …