Hidup Sehat Konsumsi Makanan Sehat

POJOKBANDUNG.com, Ada banyak banyak hal yang bisa menyebabkan gangguan pada hati. Selain karena riwayat penyakit, hal tersebut bisa disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Seperti, kebiasaan tidur sampai larut malam sehingga waktu tidur berkurang, mengkonsumsi makanan berlemak. Ketika tubuh memberikan siynal dengan rasa sakit fisik, hal yang harus dilakukan adalah memeriksa kesehatan kepada dokter atau mengubah pola hidup dan memperhatikan asupan makanan.


Hal tersebut diungkapkan oleh pendiri komunitas peduli kesehatan, 4Life, Hendrawan (30). Asal mula semua penyakit, dimulai dari usus besar yang tidak ekstraksi secara normal. Indikator usus baik, maka gerakan usus besar akan terjadi pada pagi hari. Mobilitas usus akan membangunkan tubuh.

Karena aktivitas usus besar paling aktif terjadi di sekitar pukul 05.00-07.00 WIB. Makanan yang masuk ke dalam tubuh selama 12 jam, jika tidak keluar akan membentuk racun. “Karena racun tidak dibuang, maka usus besar kita akan menyerap racun, setelah penyerapan, melalui pembuluh darah, racun dikirim ke hati. Itu yang bisa menyebabkan hati menjadi rusak,” ujarnya.

Jadi, kesehatan hati sedikit banyak mempunyai hubungan langsung dengan usus besar. Jika usus besar berfungsi baik, maka hati juga akan baik. Hal itu juga diikuti pemulihan sistem kekebalan tubuh. Sehingga darah yang mengalir ke jantung bersih. Dampaknya, penyakit apapun tidak akan mudah menjangiti tubuh.

“Ketika seseorang merasa mudah lelah setiap hari, bisa jadi hal itu disebabkan masalah dengan fungsi hati, ditambah darah tidak memiliki cara yang baik mengalir kembali ke hati,” ujarnya.

Selain itu, dalam menjaga fungsi hati agar tetap baik adalah dengan menjaga Waktu tidur atau istirahat. Alasannya, limpa mengumpulkan darah ke hati untuk detoksifikasi. Setelah itu, darah bersih dikirim ke jantung, dari jantung kemudian menyebar ke seluruh tubuh. aktivitas tersebut akan maksimal jika dalam keadaan tidur atau istirahat yang cukup.

Salah satu cara merawat limpa agar tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi biji-bijian dengan cukup. “Kurangi makanan junk food seperti hamburger, ayam goreng, steak. Imbangi dengan makanan sehat,” pungkasnya. (job2/bbb)

Loading...

loading...

Feeds