Horee…Indonesia Pastikan Siap Gelar Asian Games dan MotoGP

 
POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menggelar rapat koordinasi tentang persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018, Senin (11/1). Menteri termuda di Kabinet Kerja itu menepis kekhawatiran berbagai kalangan yang selama ini waswas tentang kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah even olahraga tertinggi di Asia itu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menugaskan Puan untuk memastikan kesiapan Indonesia sebagai penyelenggara Asian Games dan MotoGP 2017. Menurut Puan, Indonesia tidak hanya siap menggelar Asian Games, tetapi juga mampu menjadi tuan rumah ajang balapan MotoGP 2017.

“Prinsipnya setelah kita kaji semua hal yang tidak menyalahi aturan dan administrasi yang ada Indonesia siap menjadi tuan rumah Asian Games dan MotoGP,” kata Puan di Jakarta, Senin (11/1) sebagaimana siaran pers Kemenko PMK.

Dalam rakor yang dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi itu Puan memaparkan fasilitas-fasilitas penunjang Asian Games 2018. Untuk venue di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) akan direnovasi dan direvitalisasi.

Menurutnya, revitalisasi dan renovasi venue untuk Asian Games di SUGBK akan dilakukan besar-besaran tanpa mengganggu nilai-nilai sejarah di stadion kebanggaan nasional itu. “Heritage (warisan bersejarah, red) tidak akan hilang, namun fasilitas yang akan dikerjakan memiliki standar internasional,” ujar Puan.

Selain itu Puan juga memastikan kesiapan pembangunan wisma atlet Asian Games. Menurutnya, Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat akan membangun wisma atlet di Blok C3 dan B10 kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Sedangkan PT Perumnas akan membangun wisma atlet Asian Games di Blok C2 Kemayoran.

Sesuai rencana pemerintah, proses groundbreaking wisma atlet Asian Games di Blok C2 dan dan B10 akan dilakukan pada 9 Maret mendatang. “Masalah pembangunan wisma atlet akan berjalan sesuai target,” tegasnya.

Hanya saja, pemerintah tidak hanya harus menyiapkan fasilitas penunjuan Asian Games. Sebab, pemerintah juga harus memastikan kesiapan atlet-atlet Indonesia yang akan berlaga di ajang olahraga empat tahunan itu. “Perlu diperhatikan juga pelatihan atlet-atlet sehingga bisa mencapai target yang kita inginkan,” ujar Puan.

Sedangkan Menpora Imam Nahrawi menyatakan kesiapan Kemenpora mempersiapkan atlet-atlet untuk Asian Games 2018. “Kemenpora siap melaksanakan seluruh cabang olahraga,” ujarnya.(ara/JPNN)

Loading...

loading...

Feeds

Mulai Besok OTT Koruptor Ditiadakan?

Revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK akan berlaku besok (17/10). Hingga tadi malam (15/10), belum ada tanda-tanda Presiden …