5 Tips Mengatasi Insomnia Agar Tidur Cepat

POJOKBANDUNG.com, Insomnia adalah gelaja kelainan dalam tidur yang berupa kesulitan untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Penyebab terjadinya insomnia seperti adanya suatu penyakit, pola tidur yang tidak teratur, atau permasalahan psikologis seperti stress yang berkepanjangan.


Terkadang anda mengabaikan dan terkesan cuek ketika menderita insomnia. Akan tetapi apabila anda mengalami insomnia terus menurus dapat menggangu kesehatan tubuh anda dengan diikuti ganguan fungsional saat bangun, seperti kepala terasa pusing, kurang bergairah, badan tidak segar, dan lain-lain. Akibat dari insomnia juga dapat membuat perasaan cemas, depresi, atau mudah tersinggung. 5 Tips untuk mengatasi insomnia agar tidur cepat.

  1. Hindari Cahaya Saat Tidur

Saat anda tidur alangkah lebih baik jika mematikan lampu ,utama, dan hindari cahaya TV atau perangkat elektronik lainnya. Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin. Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya, dan apabila tidak ada cahaya terang akan mendorong proses produksi melatonin secara maksimal.

  1. Singkirkan smartphone dan matikan semua perangkat elektronik

Jangan pergi ke tempat tidur dengan smartphone atau laptop. Karena smartphone atau perangat elektronik lainnya membuatmu semakin khawatir dan tidak dapat memperoleh tidur yang maksimal. Matikan semua perangkat elektronik, setidaknya setengah jam sebelum anda tidur.

  1. Hindari minum kafein dan minuman bersoda sebelum tidur

Apabila anda ingin tidur nyenyak sebaiknya anda hindari meminum minuman yang mengandung kafein ataupun soda sebelum tidur. Kafein mempunyai efek diuratik,yang dapat memicu terjadi kanker ginjal sedangkan minuman bersoda dapat memicu terjadinya penyakit jantung serta diabetes.

  1. Bersihkan tempat tidur anda secara teratur

Membersihkan dan merapikan tempat tidur sebelum dan sesudah tidur merupakan kebiasaan yang sangat bagus. Karena dengan anda membersihkan dan merapikan tempat tidur anda secara teratur akan membuat tidur anda merasa nyaman dan bersih karena terhidar dari debu,kutu, dan segala macam penyebab alergi atau gatal di badan.

  1. Relaksasikan pikiran anda sebelum tidur

Relaksasi merupakan obat alami bagi anda. Relaksasi yang dimaksud agar pikiran anda menjadi tenang,nyaman, dan damai. Terkadang seharian kita dihadapkan masalah dikantor atau masalah pribadi yang menyita pikiran yang menyebabkan stres dan menyita tenaga. Waktunya anda mengistirahkan badan dan pikiran. Cara relaksasinya antara lain membayangkan sesuatu yang “ rilex ”,meditasi, atau bernapas dalam-dalam. (NKN)

Loading...

loading...

Feeds

Maradona Pulang ke Tangan Tuhan

Duka warga dunia di sepanjang tahun pandemi 2020 ini kian berlarat-larat saja. Jelang tengah malam kemarin WIB, Diego Maradona, salah …