Wuiih…Ridwan Kamil Tandatangani Prasasti Arah Kiblat di Pemakaman Pertama di Dunia

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-Di pemakamam umum di Kota Bandung masih banyak makam yang tidak mengarah ke kiblat, sehingga tidak sesuai dengan aturan agama islam. Nah, agar prosesi penguburan jenasah orang islam sesuai aturan islam, maka di setiap TPU muslim akan dipasangi prasasti arah kiblat.
Bahkan, prasasti arah kiblat itu, sudah ditandatangani Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Kantor Pelayanan Haji Kementrian Agama Kota Bandung Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (7/1). Nantinya, prasasti akan ditempatkan di TPU muslim Cikutra.


Menurut Ridwan Kamil, prasasti arah kiblat ini untuk mengingatkan orang islam, agar penguburan jenasah orang islam sesuai syar’i posisi jenasah menghadap kiblat.

Di pemakaman umum di Kota Bandung, lanjut Ridwan Kamil, masih banyak makam yang tidak menghadap ke arah kiblat umat muslim yakni ka’bah.

“Kadang-kadang orang kebingungan jadi asal gali,” tuturnya.

Tak hanya di TPU Cikutra, prasasti akan dipasang di seluruh TPU muslim di Bandung yang jumlahnya mencapai 13 lokasi.

“Sebab itu, di tiap-tiap pemakaman akan dibuat prasasti yang menunjukkan arah kiblat sehingga Insya Allah semua tertib dan sesuai aturan agama. Pertama di TPU Cikutra dulu,” paparnya.
Sementara, Kepala Badan Hisab dan Rukyat Kementrian Agama Kota Bandung Maftuh Kholil menyebutkan, Kota Bandung merupakan kota pertama di Indonesia yang memasang prasasti penunjuk arah kiblat di pemakaman.

“Bahkan di dunia ini yang pertama,” tandas Kholil.

Sebagai lokasi pertama pemasangan prasasti penunjuk arah kiblat, di TPU Cikutra akan dipasang sebanyak tiga prasasti. “Tiga tugu itu dananya sekitar Rp 100 juta,” terangnya.

Bahkan, lanjut Kholil, bukan hanya makam di Kota Bandung, 60 persen masjid di Bandung melenceng arah kiblatnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds