Jabar Rawan Bencana, Basarnas Kurang Personel dan Perahu

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Barat akan mengajukan penambahan perahu karet kepada pemerintah untuk mengatasi bencana di Jawa Barat. Sebanyak 12 unit perahu karet milik Basarnas masih belum mencukupi kebutuhan lantaran Jabar memiliki potensi kerawanan bencana yang cukup tinggi.

“Kami akan mengajukan lima unit perahu karet lagi, karena perahu karet yang ada masih belum mencukupi,” kata Kepala Basarnas Kantor SAR Bandung, Slamet Riyadi, di Kantor SAR Bandung Jalan Raya Bandung- Garut, Desa Sindang Pakuon, Kabupaten Sumedang, Kamis (7/1).

Riyadi mengungkapkan, ia akan mengajukan penambahan fasilitas Basarnas lainnya agar penanggulangan bencana di Jabar semakin optimal.

Dikatakannya, selain fasilitas, Basarnas Jawa Barat masih kekurangan personel. Saat ini, kata Riyadi, jumlah personel Basarnas Jabar hanya 79 orang padahal idealnya 200 orang.

“Untuk mensiasatinya, ketika terjadi ‎bencana kami merangkul semua instansi terkait termasuk relawan,” ungkapnya.

Mantan Kepala Basarnas Jabar, Anggit Satoto, mengungkapkan, selama bertugas di Jawa Barat ia merasa bangga karena kesolidan seluruh personel dan instansi terkait.

“Basarnas Jawa Barat ini bukan main potensinya, baik kerawanannya, sumber daya manusianya semuanya hebat. Bencana sehebat apapun semua dapat tertangani dengan kerjasama yang baik,” tandasnya.[des]

Loading...

loading...

Feeds