Dinas Pendidikan Kota Bandung Dapat Alokasi Dana Paling Besar

DPRD Kota Bandung

DPRD Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Ketua Pansus Anggaran DPRD Kota Bandung Riantono mengatakan, tahun lalu volume APBD Kota Bandung hanya Rp5,6 miliar, sedangkan tahun ini Rp 6,7 miliar.


Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini, menurut dia, sektor yang paling besar mendapat alokasi dana adalah Dinas Pendidikan.

Dengan sisa lebih pagu anggaran (Silpa) APBD 2015 sekitar Rp800 juta. Silpa ini bisa berasal dari gagal lelang dan tidak terserap, efisiensi, dan bagi hasil dengan provinsi.

“Silpa ini, nantinya akan digunakan untuk membiayai pengeluaran yang lain,” ujar Riantono kepada wartawan, Kamis (7/1).

Setelah dievaluasi gubernur, RAPBD Kota Bandung mendapat banyak catatan. Sayangnya, baik catatan dari gubernur dan jawaban dari Pemkot Bandung, kerap hanya seperti copy paste dari tahun-tahun sebelumnya.

“Karenanya sekarang, kita akan bicarakan dengan TAPD, untuk memberikan jawaban seperti yang memang seharusnya,” terangnya.

Sehingga, kata Riantono, dalam jawaban tertera bagaimana solusi dari catatan gubernur. Misalnya, jika memungkinkan ada pemangkasan anggaran, sehingga terjadi efisiensi.
“Kalau sudah seperti ini, kita tidak akan mendapat catatan yang sama setiap tahunnya,” terang dia.

Dia mengakui, DPRD Kota Bandung dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Bandung, harus bekerja keras menyempurnakan draf RAPBD hingga Jumat (8/1) esok.

“Jadi, kami dan tim anggaran pemkot harus bekerja keras,” ujar Riantono.

Menurut Riantono, draf RAPBD itu sudah dievaluasi gubernur dan harus selesai dalam tujuh hari kerja.

“Kalau dihitung, berarti jatuh pada Jumat (8/1),” jelasnya.

Jika tidak selesai sesuai jadwal, maka gubernur boleh membatalkn RAPDB yang diajukan, dan pagu anggaran disamakan dengan tahun sebelumnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds