5 Tips Ngemil tanpa Takut Gemuk

POJOKBANDUNG.com, Banyak orang beranggapan bahwa ngemil adalah salah satu faktor yang membuat berat badan kita menjadi bertambah. Pengertian ngemil sendiri adalah kebiasaan makan makanan kecil/ camilan di luar jam makan utama, makan camilan bisa dilakukan kapan saja ketika kita sedang melakukan kegiatan atau sedang istirahat.


Bagi seorang wanita terkadang ngemil dijadikan sebagai hobi sehingga susah untuk dihentikan. Tapi alangkah lebih baiknya kalau kita memperhatikan informasi gizi tertera di bungkus cemilan yang kita makan apakah  memiliki kalori tinggi yang berakibat menaikkan berat badan. Berikut ini 5 tips ngemil tanpa takut gemuk.

  1. Ngemil sebelum dan sesudah olahraga

Ngemil yang sehat bisa diterapkan dengan mengkonsumsi makanan ringan sebelum atau sesudah berolahraga. Karena sewaktu kita berolahraga glukosa dan glikogen terkuras sehingga badan terasa lelah. Konsumsi makanan ringan berkarbohidrat cukup, 30 menit sebelum dan sesudah berolahraga. Misalnya kacang almond,buah pisang atau apel, semangkok oatmeal, atau segelas susu coklat

  1. Pilihlah cemilan yang mengenyangkan

Pilihlah cemilan yang mengenyangkan dan rendah kalori, seperti salad, buah, ataupun yogurt. Kandungan serat pada makanan-makanan seperti ini membuatmu lebi cepat kenyang dan memperlancar pencernaanmu.

  1. Bijak mengkonsumsi fastfood

Fastfood adalah makanan cepat saji, dan pada umumnya fastfood  lebih tinggi akan nilai gula, lemak, minyak, garam dan lain-lain yang memberikan kerugian besar dan memilik efek samping pada kesehatan anda. Sehingga anda harus bijak dalam mengkonsumsi fastfood dengan tidak mengkonsumsinya setiap hari.

  1. Kontrol porsi cemilan

Selalu ingat bahwa ngemil bukan membuat kita menjadi kenyang. Sehingga anda harus membatasi dan perhitungkan juga porsi konsumsinya. Idealnya, porsi cemilan sehat aadalah seperempat menu makanan utama. Waktu memaknnya juga tidak boleh sembarangan, sebaiknya makan cemilan setiap 2-3 jam agar bisa membantu meningkatkan daya tahan dan stamina.

  1. Seimbangkan minum air putih dan olahraga

Minum air putih sebanyak 8 gelas sehari membantu memperlancar metabolisme tubuhmu. Selain itu ,manfaat dari minum air putih pada saat makan adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Karena banyak yang memperkirakan banwa sebanyak 75% orang dewasa mengalami dehidrasi kronis, meskipun definisi dehidrasi masih berbeda-beda menurut berbagai sumber. Sempatkan juga berolahraga 3 kali dalam seminggu agar badan tetap fit dan bugar. Meskipun berolahraga hanya 30 menit sehari, dapat mengubah hari seseorang dari pagi sampai malam hari. Ketika endrphin dilepadskan di dalam darah salama berolahraga, seseorang akan merasa lebih enerjik sepanjang hari. Endorphin alah senyawa kimia dalam otak kita yang dapat membuat otak menjadi rilex. (NKN)

Loading...

loading...

Feeds

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …