Wow..Kredit Melati Bantu 6 Ribu Pengusaha Kecil Kota Bandung

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Perbaikan ekonomi para pengusaha kecil di Kota Bandung terus bertumbuh. Salah satu pendukungnya adalah penerapan program Kredit Melati (Melawan Rentenir).


Setelah delapan bulan digulirkan, Program Kredit melati bisa memberikan bantuan permodalan setidaknya kepada 6 ribu pengusaha. Hasilnya pun cukup menggembirakan.

“Hebatnya, dari seluruh nasabah yang mengajukan kredit Melati, tidak ada satupun yang menunggak,” ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kepada wartawan Rabu (6/1).

Program kerja sama dengan PD BPR ini, diklaim sukses membantu pengusaha kecil dalam mengembangkan usahanya.

“Dengan tidak adanya tunggakan, itu menunjukkan bahwa usaha yang mereka jalankan bisa bertahan,” papar Ridwan Kamil.

Pemberian, kredit Melati ini, lanjut Ridwan Kamil cukup kreatif. Lantaran memberikan pinjaman tidak hanya kepada persereorangan, tetapi kepada kelompok.

“Tanggung jawab yang dipikul juga dengan sistem tanggung renteng. Artinya, jika dalam satu kelompok ada satu orang yang menunggak, maka itanggung teman satu kelompoknya,” paparnya.

Dengan begitu, bisa mengurangi bahkan menghilangkan kemungkinan nasabah yang menunggak, sehingga mengurangi risiko kerugian yang diderita PD BPR.

“Itu terbukti, tahun ini PD BPR bisa meraih laba sampai Rp 2 miliar, padahal tahun sebelumnya hanya Rp 900 juta,” jelasnya.

Ridwan Kamil menambahkan, pihaknya tengah berupaya agar ke depan PD BPR bisa mendapatkan pinjaman sebesar Rp150 juta. Agar bisa memberikan pinjaman modal lebih banyak ketimbang sekarang.

“Namun, tidak bisa tahun ini. Karena tahun ini masih akan dievaluasi efektivitasnya. Selain itu tahun ini kan APBD murninya sudah disahkan, jadi paling bisa kita upayakan di perubahan,” pungkasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Cara Memperbarui Whatsapp GB

POJOKBANDUNG.com–DENGAN menggunakan whatsapp GB tentu akan mendapatkan banyak fitur yang tidak di miliki whatsapp resmi. Pengguna dapat menginstalnya melalui berbagai …