Wow…Pembangunan LRT Satu Paket dengan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Ilustrasi LRT

Ilustrasi LRT

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pemerintah melalui kementrian BUMN memutuskan pembangunan Light Railway Transit (LRT) Bandung akan dikerjakan satu paket dengan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.


Itu merupakan hasil pertemuan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil usai menghadiri rapat kabinet terbatas di Istana Negara, Senin (4/1/2016) kemarin.

“Menteri BUMN melaporkan bahwa proyek jalan terus kemungkinan ground breaking 21 Januari 2016 di Walini (Kabupaten Bandung Barat). Semua perizinan diinstruksikan Pak Presiden harus beres 15 Januari 2016, kebanyakan bermuara di kementrian perhubungan,” ujar Ridwan Kamil di Bandung, Selasa (5/1/2016).

Ridwan Kamil merasa lega dengan hasil rapat tersebut lantaran Presiden Joko Widodo mengaku siap mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) agar pembangunan LRT Bandung koridor II (Cimindi – Gedebage) dikerjakan investor kereta cepat, yakni PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC).

Dengan demikian, Pemkot Bandung akan memiliki monorel tanpa perlu mengeluarkan uang dari Anggaran Pengeluaran Belanja Daerah (APBD).

“Kemudian saya kemarin mengajukan surat ke pak presiden agar mengeluarkan perpres agar LRT Bandung tidak pakai lelang, khususnya jalur dua dan sudah disetujui akan diproses,” terang Ridwan Kamil.

“Sehingga nanti keluar perpres yang menyatakan jalur dua itu dikerjakan oleh konsorsium yang sama PT KCIC,” tambahnya.

Ridwan Kamil menyebutkan, Perpres itu menjadi jaminan agar proyek LRT dikerjakan tanpa melalui proses lelang.

“Pembangunannya (LRT) tahun ini Insya Allah. Pembangunannya kereta cepat dulu, karena kereta cepat ground breakingnya 21 Januari,” pungkasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Sajian Makan Siang Murah Meriah ala Hotel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Istirahat makan siang menjadi momen yang paling ditunggu, terutama oleh para karyawan perkantoran. Namun waktu yang terbatas, …