Amankan Pendopo, Ini yang Dilakukan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pasca insiden pelemparan bom molotov di depan pendop (rumah dinas Wali Kota Bandung, red), Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kini memperketat keamanan di wilayah sekitar pendopo.


Hal itu diungkapkan Walikota Bandung Ridwan Kamil. Bahkan, Ridwan Kamil memperketat pengamanan dengan memasang CCTV di sekitar pendopo.

“Sekarang juga tengah dibangun gapura di bagian Pendopo. Nantinya akan ada satpam yang menjaga setiap saat,” ujar Ridwan Kamil kepada wartawan, Selasa (5/1).

Dengan begitu, pada siang hari bisa dijadikan objek wisata, namun malam hari penjagaan tetap diperketat.

Untuk CCTV , lanjut Ridwan Kamil, sekarang sudah ada selusin di Pendopo. Namun, semua mengarah ke dalam pendopo, tidak ada yang mengarah ke luar.

“Kan untuk pengamanan di bagian luar, ada CCTV yang terhubung dengan BCC (Bandung Comand Centre, red),” terangnya.

Pengadaan CCTV ini, menurut dia, akan menggunakan sistem ‎public privat partnership (PPP). Soalnya, aloksi APBD tidak mencukupi untuk pengadaan CCTV dalam jumlah yang banyak.

“‎Ini hanya tindakan preventif (pemasangan CCTV dalam jumlah banyak, red),” tambahnya.

Sebagai kota kunjungan wisata, Ridwan Kamil mengakui, Bandung menjadi kota terbuka. Sehingga, yang hanya bisa dilakukan adalah pencegahan terjadinya tindak kejahatan. Bukan membatasi pengunjung datang ke Kota Bandung.

“Kita kan kota wisata, jadi bukan kota tertutup,” tandasnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds