Begini Cara ASDP Antisipasi Puncak Arus Balik Hari Ini dan Besok

 
POJOKBANDUNG.com, BAKAUHENI – PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni hari ini, Sabtu (2/1) mulai mengantisipasi arus balik penyeberangan, yang diprediksi bakal berlangsung hingga Minggu (3/1) besok.


Untuk mengantisipasi antrean panjang di pelabuhan, perseroan telah menyiapkan beberapa langkah. Salah satunya menyiagakan puluhan kapal.

“Untuk antisipasi puncak arus balik malam ini, kami siapkan operasional 26 kapal berukuran besar,” kata GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Tommy L Kaunang dalam siaran persnya.

Di samping itu, ASDP juga mempercepat waktu kapal untuk bersandar menjadi 60 menit, dari sebelumnya 72 menit. “Waktu pemuatan (kapal) dipercepat. Jadi, dari kapal mulai sandar sampai berangkat lagi, diberikan waktu 1 jam saja. Dengan demikian kapal cepat kembali lagi menuju Merak,” ulas Tommy.

Di Bakauheni sendiri, menurut Tommy, telah menerapkan pola operasi seperti periode angkutan Lebaran 2015, yakni layanan siaga 1. Hal tersebut dilakukan demi menekan terjadi antrean pengguna jasa yang membludak. Fasilitas pendukung layanan juga ditambah, misalnya toll gate untuk mobil pribadi dari 8 unit, ditambah 5 menjadi 13 unit.

Lalu, toll gate untuk sepeda motor berjumlah 5 unit, yang sudah dilengkapi dengan tenda dan jalur khusus. Adapun toll gate untuk penumpang berjumlah 10 unit.

Data ASDP Cabang Bakauheni sejak 18 Desember 2015 hingga 2 Januari 2016 tercatat jumlah total penumpang yang menyeberang telah mencapai 538.780 orang. Atau naik sebanyak 83.993 penumpang, dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 454.787 orang. (chi/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …