Wow…Panen Raya Hidroponik, Ridwan Kamil Petik Sayuran

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Di penghujung 2015, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengikuti panen raya hidroponik dengan memetik sendiri kangkung dan tanaman lain yang ditanam warga RW 02 Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler.


“Alhamdulillah, melalui panen raya ini, membuktikn, bahwa dengan lahan sedikit, kita bisa menanam tanaman produktif,” ujar Ridwan Kamil kepada wartawan, Kamis (31/12).

Di sisi lain, lanjut Ridwan Kamil, nuansa yang ada di lokasi green house tempat penanaman hidropinik ini menimbulkan suasana istimewa.

“Lokasi green house di Kelurahan Neglasari ini, termasuk yang paling sukses,” ungkap Ridwan Kamil.

Menurut Ridwan Kamil, green house ini, merupakan contoh bahwa warga Bandung tidak hanya bisa mengonsumsi tapi juga bisa berkebun.

“Nanti setiap melihat green house ini, ingat bahwa warga Kota Bandung juga bisa berkebun,” terangnya.

Dengan sistem bercocok tanam urban farming, seperti ini, Ridwan Kamil berharap, nantinya tidak ada tembok atau lahan kosong yang tidak ditanami.

Bahkan, menurut dia, rumah lurahnya sendiri di bagian atapnya sudah ada tanaman dengan sistem urban farming.

“Selain di green house, kita juga bisa memanfaatkan, lahan di atap rumah. Itu sudah mulai disosialisasikan, di Neglasari ini,” jelasnya.

Harapan Ridwan Kamil, ini menjadi budaya baru di Kota Bandung, bahwa urban farming bisa dilakukan oleh setiap warga. Bukan hanya keren-kerenan sesaat, lalu nanti hilang lagi ketika sudah tidak musim. (mur)

Loading...

loading...

Feeds