Wuiih…77 Kasus Cyber Crime Diungkap Polda Jabar

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Polda Jabar mencatat beberapa keberhasilan sepanjang 2015. Salah satunya, berhasil mengungkap 77 kasus cyber crime. Dalam kasus ini, penghinaan dan pencemaran nama baik melalui media sosial, lebih mendominasi.

Hal itu diungkapkan Direskrimsus Polda Jabar Kombes Pol Wirdhan Deny. “Ada 124 kasus cyber crime yang kami tangani. Jumlah diselesaikan 77 kasus dengan 77 tersangka, semuanya sudah dilimpahkan ke pengadilan,” ujar Wirdhan kepada wartawan di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Rabu (30/12).

Wirdhan menerangkan, jenis kejahatan cyber yang berhasil diungkap diantaranya soal pornografi atau kesusilaan, pencemaran nama baik, pemerasan, penipuan, sebar rasa kebencian dan pencurian identitas dalam sistem elektronik.

“Umumnya kasus penghinaan dan pencemaran nama baik. Mayoritasnya terjadi di media sosial Facebook,” ungkap Wirdhan.

Wirdhan mengaku, ada kendala untuk mengungkap sisa 47 kasus cyber crime lainnya. Meski demikian Wirdhan dan anak buahnya tetap berusaha mengusutnya hingga tuntas.

“Berkaitan penipuan via online, kami cukup kesulitan. Bisa itu lewat SMS, BBM dan sarana elektronik lainnya. Kesulitan yang kami hadapi yaitu korban kena tipu terlambat melaporkan kepada polisi. Korban cenderung ingin mencari sendiri pelakunya. Setelah tak kunjung ketemu, korban baru melapor, sementara jejak pelaku sudah sulit diketahui,” jelas Wirdhan.

Sebab itu, Wirdhan mengimbau masyarakat agar dapat memahami aturan UU No.11/2010 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE). Tujuannya, agar lebih hati-hati saat berperilaku menggunakan perangkat teknologi yang terkoneksi dengan dunia maya atau internet. Selain itu, masyarakat jangan mudah percaya dengan tawaran-tawaran dari seseorang yang menawarkan produk, jasa dan sebagiannya lewat media online yang ujung-ujungnya menipu.

“Mungkin maksud ejekannya itu bercanda, tapi kan bisa saja orang tak terima, lalu melanjutkan ke ranah hukum. Melanggar UU ITE ini ancaman hukumannya di atas lima tahun penjara,” imbuhnya. (dtc)

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …