Wow….2016, Anggaran Perbaikan Jalan ke Venue PON Rp 125 Miliar

PON Jabar

PON Jabar

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pada 2016 mendatang pemerintah Provinsi Jawa Barat menganggarkan Rp 125 miliar untuk menyiapkan jalan menuju sejumlah venue pertandingan Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 Jawa Barat. Hal ini penting dilakukan untuk memudahkan akses menuju arena pertandingan tersebut.

Kepala Dinas Bina Marga Jabar M. Guntoro mengatakan, dana tersebut akan disalurkan ke pemerintah kabupaten/kota yang menjadi tuan rumah PON dalam bentuk bantuan keuangan. Sehingga, proses pengerjaannya akan dilakukan oleh masing-masing daerah.

“Pemprov hanya memberi uangnya. Bantuan ke kabupaten/kota, bantuan keuangan. Jumlahnya Rp 125 miliar,” kata Guntoro di Gedung Sate, Bandung, Selasa (29/12).

Guntoro menambahkan, penyaluran bantuan keuangan tersebut diberikan berdasarkan rekomendasi Dinas Bina Marga Jabar. “Untuk pelebaran, perbaikan,” katanya.

Sebagai contoh, lanjutnya, perbaikan jalan menuju kawasan Stadion Bima yang akan menjadi lokasi pertandingan olahraga selam memerlukan biaya sekitar Rp 10 miliar. Perbaikan jalan di kawasan tersebut ditargetkan tuntas pada Agustus 2016 mendatang.

Adapun pengerjaannya akan dimulai pada awal tahun depan. “Lelangnya akan dilakukan Januari nanti. Kita berharap tidak ada masalah,” pungkasnya.

Sementara itu, sebelumnya, Pengurus Besar PON XIX/2016 Jabar kembali menegaskan pengerjaan arena pertandingan sudah hampir rampung. Hingga akhir tahun ini, pengerjaan venue PON telah mencapai 94 persen.

Bidang Sarana dan Prasarana PB PON 2016 Jabar, Bambang Rianto, mengatakan, hanya terdapat beberapa venue yang pengerjaannya belum selesai. “Itu pun sebagian besar tinggal finishing saja, jadi tidak perlu waktu lama untuk mengerjakannya,” kata Bambang.

Adapun pengerjaan yang tergolong berat hanya terdapat pada dua lokasi saja, yakni di Kota Bandung dan Kabupaten Sukabumi. Menurut Bambang, pengerjaan di dua venue tersebut masih cukup banyak.

“Bahkan GOR di Jalan Jakarta Bandung harus dari nol, karena bangunan yang lama diratakan,” ucapnya. Venue di Kota Bandung tersebut akan digunakan untuk cabang olahraga bulu tangkis.

“Sedangkan yang di Sukabumi untuk cabang olahraga tinju,” katanya. Kendati begitu, Bambang optimistis pengerjaannya akan selesai tepat waktu.

Seperti diketahui, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menginginkan seluruh pengerjaan venue sudah selesai pada Juni tahun depan. Lebih lanjut Bambang mengatakan, keterlambatan pengerjaan venue tersebut bukan disebabkan kesalahan dari pihaknya.

Keterlambatan ini terjadi karena adanya persoalan di tingkat kabupaten/kota, terutama menyangkut pihak pengembang. “Kalau dari kitanya sudah tidak ada masalah. Biayanya sudah kita serahkan ke kabupaten/kota melalui bantuan keuangan,” ucapnya.

Oleh karena itu, Bambang berharap pemerintah kabupaten/kota yang diberi kepercayaan mengerjakan venue bisa menyelesaikannya sebaik mungkin. Lebih lanjut Bambang katakan, pada 2016 mendatang, Pemprov Jabar menganggarkan sejumlah dana untuk lanjutan pengerjaan venue.

Dana ini sebagian besarnya merupakan alokasi untuk pengerjaan venue pada 2015 yang tidak terserap. “Untuk bantuan keuangan jumlahnya Rp 184,5 miliar, hibah sekitar Rp 44 miliar,” katanya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds