SKPD Ajukan Kepemilikan Lahan, Sebaiknya Ikuti Imbauan Ini

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) mengimbau kepada para SKPD yang akan mengajukan kepemilikan lahan, agar menyelidiki dulu apakah kepemilikan lahannya jelas atau tidak. Sebelum mereka mengajukan kepemilikan lahan,


“Jika kepemilikan lahan sudah jelas, maka akan kami tindak lanjuti,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Asep, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bandung, kepada wartawan Selasa (29/12).

Berdasarkan catatan DPKAD, Sekitar 15-20 persen pengajuan kepemilikan lahan dari SKPD di lingkungan Pemkot Bandung, masih sengketa.

“Dalam setahun, kami kira-kira menerima 100 pengajuan kepemilikan lahan dari SKPD. Dan sekitar 15-20 persennya tidak bisa ditindaklanjuti,” papar Asep.

Asep mengatakan, beberapa hal yang mengakibatkan pengajuan permohonan kepemilikan aset oleh SKPD lantaran administrasi kepemilikan yang rumit.

“Misalnya, sertifikat diagunkan, atau lahan masih sengketa. Selain itu, jika tanah merupakan warisan, dan ahli waris tidak bisa dihadirkan,” tambahnya.

Salah satu contoh kepemilikan lahan yang tidak jelas adalah, saat RSUD Ujungberung mengajukan permohonan. Menurut Asep, pihaknya tidak bisa menindaklanjuti, karena sertifikatnya diagunkan di Bank Mandiri Jakarta.

“Karena berdasarkan peraturan BPN, sertifikat yang akan diperjualbelikan tidak boleh diagunkan,” tandasnya.

Akibat gagalnya eksekusi kepemilikan tanah ini,  lanjut Asep, menjadi Silpa (Sisa Lebih Pagu Anggaran, red) Rp 150 miliar.

“Nantinya, bergantung permintaan RSUD dulu, apakah tahun depan akan mengajukan lagi atau tidak,” tambahnya.

Jumlah lahan yang disiapkan untuk pembangunan RSUD ini seluas 4,7 hektare, dengan lokasi tidak jauh dari lokasi RSUD sekarang.

“Mereka kan rencananya naik kelas dari C ke B, bahkan kalau bisa ke A,” terangnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …