Pesta Tahun Baru, Polres Bandung Waspadai Miras Oplosan

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG– Polres Bandung mewaspadai peredaran minuman keras saat perayaan malam tahun baru. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menekan peredaran miras.


“Kami mengimbau, supaya Masyarakat tidak terlalu euforia merayakan tahun baru terutama dengan melakukan pesta miras jenis oplosan,” ujar Kapolres Bandung, AKBP Erwin Kurniawan,Selasa (29/12).

Dalam tiga bulan terakhir, kata Erwin, pihaknya gencar melakukan razia minuman keras di wilayah hukumnya. Ribuan botol minuman keras jenis Oplosan disita selama tiga bulan terakhir.

“Jelang tahun baru, biasanya peredaran miras cukup tinggi. Makanya kami meningkatkan razia dari tga bulan terakhir,” katanya.

Kawasan Timur Kabupaten Bandung, seperti Rancaekek, Cicalengka dan Cileunyi merupakan wilayah yang rawan terhadap peredaran miras terutama jenis oplosan.

“Wilayah-wilayah perbatasan memang rawan terhadap peredaran miras ilegal,” ucapnya.

Dalam tiga bulan terakhir, satu orang peracik miras oplosan ditangkap oleh satnarkoba Polres Bandung. Pria berinisial SN tersebut, dibekuk di Rancaekek pada 22 Desember, karena diduga meracik miras oplosan yang menyebabkan empat orang yang meminumnya tewas.

“SN meracik miras oplosan dengan bahan berbahaya seperti etanol, metanol dan alkohol. Sangat berbahaya, jika dikonsumsi lambung bisa pecah dan menyebabkan kematian, kalau tidak meninggal bisa juga menyebabkan kebutaan,” paparnya.

SN menjalani usaha pengoplosan minuman keras itu sejak setahun lalu. Dia biasa menjual minuman kerasnya seharga Rp 15 ribu per botol dan meraup untung Rp 5 ribu per botolnya. Kebanyakan barang yang dibuatnya dikonsumsi oleh warga kawasan timur Bandung.

“Tersangka dikenakan Pasal 204 KUHP dengan hukuman penjara 15 sampai 20 tahun penjara. Kemudian dikenakan UU Perlindungan Konsumen dan UU tentang pangan supaya menimbulkan efek jera terhadap pengoplos,” katanya.

(mld)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …