Gejolak Ekonomi, Masalah HAM dan Politik Masih Mewarnai 2016

Iman Soleh, Dosen Fisip Unpad

Iman Soleh, Dosen Fisip Unpad

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pergantian tahun tinggal hitungan jam, sementara perjalanan politik tanah air hingga penghujung 2015 masih menyisakan reshuffle jilid 2.


Prediksinya, pada 2016 nanti, dinamika permasalahan ekonomi, HAM, dan politik masih mendominasi. “Terkait isu reshuffle, mudah-mudahan tidak ada intervensi kelompok atau individu lain terhadap keputusan reshuffle nantinya,” ujar Dosen Ilmu Pemerintahan Fisip Unpad Iman Soleh kepada Pojokbandung.com, Selasa (29/12).
Menurut pengamatan Iman, saat ini ada dua macam intervensi yang sedang dijalankan, yakni parpol dan DPR (terkait kasus Pelindo). “Namun, saya percaya dengan leadership Jokowi. Moga saja reshuffle ini nantinya membawa solusi karena kita akan menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN, masalah energi, masalah HAM, dan hasil pemilukada serentak akan terlihat di 2016 nanti,” papar Iman.

Menyinggung PDIP terkait isu reshuffle, Iman mengatakan, apa yang dilakukan PDIP sebagai partai pemenang Pemilu lalu atau partai lain yang menekan Jokowi untuk meloloskan kadernya guna mengisi kabinet Jokowi adalah bentuk komunikasi politik.

“Sebagai etika politik itu masih wajar. Tinggal kita tunggu saja keputusan dari Jokowi. Saya malah kaget dengan adanya isu bahwa Menteri Perhubungan adalah salah satu menteri yang akan diganti. Padahal saya pikir apa yang sedang ia lakukan justru lebih baik dari pada menteri lainnya,” jelas Iman.

(cr1)

Loading...

loading...

Feeds

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …

Tersangka, Rizieq Syihab Terancam 6 Tahun

Polda Metro Jaya akhirnya resmi melayangkan surat panggilan kepada Rizieq Syihab. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu dipanggil terkait kerumunan saat …

Teras Cihampelas Sepi, Begini Penampakannya!

  POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Sempat menjadi salah satu primadona kawasan wisata belanja Kota Bandung, kondisi Teras Cihampelas kini memprihatinkan. Tak …