Hujan Tiba, Petani Kab Bandung Rame-Rame Tanam Padi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG– Turunnya hujan dalam beberapa minggu terakhir, disambut baik para petani di Kabupaten Bandung. Banyak petani yang mulai menggarap sawahnya, sehingga produksi beras akan kembali meningkat.


“Tahun ini, produksi padi tentu akan meningkat, terutama di sawah yang terairi irigasi,” tutur Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Bandung Nono Sambas, Senin (28/12).

Beberapa wilayah, kata Nono telah melakukan penanaman di akhir musim kemarau lalu dan sebagian wilayah mulai melakukan penanaman pada awal musim penghujan ini.

“Sawah tadah hujan memang baru mulai melakukan penanaman setelah turun hujan, karena pada awal masa tanam air merupakan hal yang krusial untuk pertumbuhan,” paparnya.

Sementara, Kabid Pertanian Distanbunhut Kabupaten Bandung Ina Dewi Kania mengatakan, lahan sawah yang akan ditanami padi pada masa tanam Oktober 2015-September 2016 yakni seluas 85.827 hektare. “Paling besar itu di Ciparay, Ibun, Pacet, Banjaran. Baleendah, dan Bojong Soang. Ini memang sentra padi,” tutur dia.

Namun, ia juga mengakui, tren masa tanam sekarang mundur dua bulan. Sebab, seharusnya masa tanam dilakukan pada Oktober kemarin. Namun, karena musim kemarau yang berkepanjangan, masa tanam di sejumlah lahan sawah di Kabupaten Bandung baru dimulai pada Desember 2015.

Sebagian petani ada yang bercocok tanam pada November 2015. Tapi jumlahnya tidak sebesar seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Ia berharap ada peningkatan produksi karena dukungan cuaca yang baik seperti saat ini.

“Tapi kita masih belum bisa prediksi kenaikan produksinya karena baru tanam,” kata dia.

Puncak masa tanam, lanjut dia, yakni di November sampai Desember 2015. Target luas lahan yang ditanam, sebesar 25 ribu hektare. Angka ini terbilang realistis karena rata-rata luas tanam di musim hujan memang demikian.

“Rata-rata segini kalau di musim hujan. Di musim hujan ini harapan kita bisa tanam semua,”ujarnya. (mld)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …