2016, Pemkot Cimahi Siap Tuntaskan Pekerjaan Rumah

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Menghadapi 2016 yang tinggal menghitung hari, Pemkot Cimahi terus melakukan persiapan.


Seperti diketahui Pemkot Cimahi di 2015 ini meraih beberapa prestasi baik penghargaan Piala Adipura maupun berbagai penghargaan dari pemerintah Pusat maupun Provinsi Jawa Barat.

Namun di 2016 juga Pemkot Cimahi diharapkan mampu menuntaskan pekerjaan rumah yang belum selesai di tahun 2015.  Salah satunya adalah soal pembangunan Pasar Atas Baru.

Untuk menuntaskan pembangunan Pasar Atas Baru, Pemkot Cimahi memastikan pinjaman terhadap lembaga keuangan formal. Saat ini, progresnya dalam tahap evaluasi pemerintah pusat.

Hal itu disampaikan Asisten Administrasi Umum Setda Kota Cimahi, Muhammad Yani. “Keputusan layak atau
tidaknya Pemkot Cimahi untuk mengajukan pinjaman dari lembaga jasa keuangan tergantung dari evaluasi yang terakhir akan dilakukan pada akhir Desember 2015,” ujarnya.

Sejauh ini,  menurut dia, masih tetap dengan rencana awal dan belum ada solusi lain kecuali dengan mengajukan pinjaman.
Proses pinjaman dana pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah ia katakan harus mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Keuangan.

“Oleh karenanya, proposal pinjaman dalam tahap akhir penilaian kementerian tersebut,” katanya.

Seperti diketahui, Pemkot Cimahi tengah mengajukan pinjaman dana ke lembaga keuangan formal sebesar Rp150 miliar. Alasannya, kemampuan APBD untuk memenuhi kebutuhan dana pembangunan pusat ekonomi masyarakat tidak memadai.

Penerimaan pembiayaan daerah pada 2016 secara umum diasumsikan mengalami kenaikan sebesar 99,92%atau Rp 161 miliar menjadi Rp324 miliar pada tahun 2016.

Untuk memenuhi anggaran pembiayaan itu, maka pemda perlu melakukan pinjaman sebesar Rp150
miliar ke beberapa lembaga keuangan.

“Pinjaman sebesar Rp150 miliar tercantum dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2016. Tapi, upaya mencari suntikan ‘modal’ itu telah melalui persetujuan legislator,” jelasnya.

Disinggung mengenai tingginya biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan Pasar Atas, Ia menjelaskan hal itu karena penataan tidak hanya pada sisi bangunan pasar. “Pembenahan tidak hanya pasar, tapi juga penataan terminal yang tak jauh dari lokasi pasar,” pungkasnya.

(bbb/azm)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …