Wow, 2 Persen Lagi Jalan Milik Provinsi Jabar Mulus

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIREBON – Pemerintah Provinsi Jawa Barat bertekad mempertahankan tingkat kemantapan jalan provinsi yang saat ini mencapai 98 persen. Berbagai upaya terus dilakukan terutama menyangkut penambahan anggaran untuk menjaga kualitas jalan tersebut.


Kepala Dinas Bina Marga Jabar M. Guntoro mengatakan, pada 2016 mendatang, pihaknya mendapat alokasi anggaran sekitar Rp 1 triliun. Dari jumlah tersebut, Rp 700 miliar di antaranya digunakan untuk perawatan dan pembangunan sejumlah ruas jalan baru.

“Sisanya untuk gaji & honor,” kata Guntoro usai menghadiri sosialisasi Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 Jabar, di kawasan Stadion Bima, Kota Cirebon, Minggu (27/12). Acara tersebut dihadiri juga Gubernur Jabar Ahmad Heryawan serta Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa.

Guntoro menjelaskan, saat ini panjang jalan provinsi mencapai 2.350 kilometer. Sedangkan jumlah jalan nasional di Jabar mencapai 1.700 kilometer.

Pihaknya pun terus berpacu dengan kondisi jalan provinsi. Sebab, setiap saat terdapat jalan yang mengalami penurunan kualitas yang diakibatkan berbagai faktor.

“Bisa umur pakainya yang sudah habis, akibat beban yang terlalu berat, juga faktor cuaca,” katanya. Terlebih, di musim hujan seperti saat ini, tidak jarang jalan provinsi yang tertimbun longsor.

“Jadi intinya kita terus mempertahankan, syukur-syukur bisa meningkatkan. Ya setidaknya 98 persen,” katanya.

Lebih lanjut Guntoro katakan, selain mempertahankan tingkat kemantapan, pihaknya terus menambah jumlah jalan provinsi. Selain membangun baru, pemprov pun melakukan pengambilalihan jalan kabupaten/kota.

Sebagai contoh, kata Guntoro, pihaknya mengambilalih pengelolaan jalan di Kabupaten Sumedang dan Indramayu. “Parakan Muncang, Indramayu ada Patrol, Cihaurgeulis, akan kita tarik ke provinsi,” katanya.

Selain itu, pada tahun depan, pemprov pun mengambilalih jalur Cikadu, Cianjur sampai Sindangbarang, Garut sepanjang 34 kilometer. “Perbaikannya dimulai dari simpang ke arah Rancabali sepanjang 14 kilo (meter), itu ke arah perkebunan. Belok kiri ke Kabupaten Cianjur, kemudian dari Cikadu ke Sindangbarang sekitar 20 kilo, jadi totalnya 34 kilo,” kata Guntoro.

Jalanan akan diperbaiki dengan sistem pembetonan yang diprediksi menghabiskan biaya sekitar Rp 22,5 miliar. Adapun lebarnya sekitar 4,5 meter meliputi 3 meter ruas jalan dan bahu jalan 1,5 meter.

“Dana perbaikan tersebut sudah dimasukkan ke anggaran 2016,” katanya. Menurut dia, proses perbaikan akan membutuhkan waktu sekitar 120 hari atau empat bulan.

Dia menambahkan, perbaikan jalan tersebut sangat penting karena akan mendorong perekonomian masyarakat. “Apalagi potensi ekonomi disana cukup banyak, terutama untuk komoditas pertanian. Dengan bagusnya jalan di sana maka pergerakan barang dan orang pun akan semakin cepat. Apalagi petani di sana banyak memiliki komoditas unggulan,” pungkasnya.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan, nantinya keberadaan jalan tersebut diharapkan bisa membina masyarakat setempat terkait agrobisnis. “Lahan itu cocok untuk agrobisnis. Selama ini petani masyarakat kemampuannya otodidak,” kata Iwa.

Iwa menjelaskan, kawasan Cikadu sendiri memiliki potensi pertanian yang baik. Di antaranya seperti jagung, jahe dan pisang.

Berbagai komoditas dari daerah tersebut biasa dipasok ke sejumlah pasar di Bandung. Selain itu, menurut Iwa, nantinya di lahan tersebut masyarakat diarahkan untuk menanam rumput yang bisa digunakan untuk pakan domba dan sapi.

“Menanam jagung supaya nilai produk tinggi, menanam padi gogo, juga menanam tanaman keras,” katanya. Oleh karena itu, untuk memperlancar distribusi produk pertanian dari kawasan tersebut, pemprov akan memperbaiki jalan tersebut.

“Untuk tahap pertama dilakukan betonisasi dengan biaya 27 miliar (rupiah),” katanya. Iwa meyakini, jika akses sudah diperbaiki, laju barang dan orang di kawasan tersebut akan lebih cepat.

“Petani butuh pemasukan harian, mingguan. Kita lebih pada niat meningkatkan produktifitas mereka,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Cara Memperbarui Whatsapp GB

POJOKBANDUNG.com–DENGAN menggunakan whatsapp GB tentu akan mendapatkan banyak fitur yang tidak di miliki whatsapp resmi. Pengguna dapat menginstalnya melalui berbagai …

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …