Walah! Jelang Pergantian Tahun, Penjualan Kondom Meningkat

POJOKBANDUNG.com, Jelang perayaan malam pergantian tahun 2015-2016, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Banten menerjunkan sedikitnya 90 anggotanya untuk merazia peredaran minuman keras (miras) dan alat kontrasepsi jenis kondom di tempat wisata. Ini dilakukan untuk mengantisipasi pesta miras dan seks di lokasi wisata saat malam tahun baru.


“Kami mendapatkan informasi dari petugas minimarket, jelang libur Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, penjualan kondom meningkat tajam. Untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan, saya sudah siapkan tiga peleton anggota yang akan diterjunkan ke sejumlah lokasi wisata yang ditenggari akan dijadikan pusat perayaan tahun baru di Banten,” tegas Kepala ?Satpol PP Provinsi Banten M Basri, Sabtu (26/12).

Menurut Basri, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian untuk pengamanan libur panjang Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 di lokasi wisata. “Peredaran alat kontrasepsi (kondom-red) dan minuman keras akan terus kami awasi, terutama di tempat hiburan yang berada diarea wisata,” ungkapnya.

Basri menambahkan, pihaknya telah menerima pengaduan dari masyarakat bahwa perayaan malam pergantian tahun sering diisi kegiatan yang mengarah pada praktik mesum dan pesta miras oleh para pengunjung tempat wisata di sejumlah titik. “Berkaca pada pengalaman tahun lalu, lokasi wisata dijadikan tempat pesta para pengunjung, mulai dari anak di bawah umur hingga dewasa. Kondisi ini sangat rawan perbuatan mesum dan asusila,” jelas Basri.

Ia mengimbau, pemilik dan pengelola minimarket, khususnya di jalur wisata, selektif menjual alat kontrasepsi. “Setiap jelang tahun baru, minimarket yang menjual alat kontrasepsi ramai didatangi pengunjung. Pembelinya tidak hanya orang dewasa, tapi juga banyak anak di bawah umur. Ini sangat mengkhawatirkan,” tandasnya.

Saat rapat koordinasi persiapan pengamanan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 di Pendopo Gubernur Banten, Selasa (21/12) lalu, Kapolda Banten Brigjen Boy Rafli Amar meminta Satpol PP untuk terlibat aktif membantu kepolisian menjaga kemanan dan ketertiban saat libur panjang Natal dan tahun baru. “Satpol PP harus ikut ambil bagian. Kami dari kepolisian, akan melakukan razia peredaran miras dan petasan mulai 23 Desember hingga 2 Januari mendatang,” jelasnya.

Menurut Boy, pengaman Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 tidak hanya difokuskan pada 22 lokasi perayaan Natal. Tetapi, juga di 33 objek wisata, 52 obyek vital, dan 21 tempat hiburan di wilayah hukum Polda Banten. “Polda Banten mengerahkan 1.500 personel untuk menjaga keamanan selama Natal dan Tahun Baru 2016. Pengamanan yang akan dilakukan kepolisian, mulai dari tindakan preventif, deteksi dini, dan penegakan hukum,” urai Kapolda. (mg12/don)

Loading...

loading...

Feeds

Tersangka, Rizieq Syihab Terancam 6 Tahun

Polda Metro Jaya akhirnya resmi melayangkan surat panggilan kepada Rizieq Syihab. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu dipanggil terkait kerumunan saat …

Teras Cihampelas Sepi, Begini Penampakannya!

  POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Sempat menjadi salah satu primadona kawasan wisata belanja Kota Bandung, kondisi Teras Cihampelas kini memprihatinkan. Tak …