Wanita Cantik Ini Terpilih Menjadi Miss Iraq Pertama

Shaima Qassem Abdelrahman, 20, terpilih sebagai Miss Iraq untuk pertama kalinya. ist

Shaima Qassem Abdelrahman, 20, terpilih sebagai Miss Iraq untuk pertama kalinya. ist

POJOKBANDUNG.com, BAGHDAD – Shaima Qassem Abdelrahman, 20, menggoreskan sejarah baru di Iraq. Perempuan cantik itu terpilih sebagai Miss Iraq kali pertama setelah 43 tahun. Pergelaran ratu kecantikan kali terakhir dilaksanakan di Negeri Seribu Satu Malam itu pada 1972.


Acara memang berhasil terselenggara, namun tidak sesuai dengan rencana. Ratusan kontestan mundur karena ancaman pembunuhan yang diunggah di akun Facebook acara Miss Iraq. Awalnya, lebih dari 200 kontestan yang terdaftar. Namun, setelah ada ancaman tersebut, peserta kurang dari sepuluh orang. Jadwal penyelenggaraan kontes juga diundur dari Oktober ke Desember. Sesi baju renang pun dihilangkan.

’’Saya tidak takut apa pun karena saya yakin apa yang saya lakukan tidak salah,’’ ujar sarjana ekonomi dari Universitas Kirkuk itu setelah dinobatkan sebagai pemenang. Bagi Shaima, kemenangannya itu bukan hanya soal menang dari kontestan lain. Tetapi, juga menang melawan rasa takut dan pembuktian bahwa perempuan Iraq pun berperan dalam masyarakat. Shaima sudah biasa menghadapi konflik. Dua saudara lelakinya yang merupakan polisi Iraq tewas di tangan Islamic State (IS) atau ISIS.

Direktur Organisasi Ratu Kecantikan Iraq Ahmed Leith menegaskan bahwa meski banyak ancaman, kegiatan seperti itu dibutuhkan di negaranya. Mereka ingin merasakan hidup normal seperti negara-negara tetangga. Misalnya, Lebanon yang setiap tahun menggelar acara serupa. ’’Saya harap bangkitnya acara kontes kecantikan ini bisa memberikan sorotan kepada sisi baik dari Iraq,’’ ujar Leith. (CNN/The New York Times/sha/c4/tia/jpg/ipol)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …