Wuiih…Hotel dan Penginapan di Bandung Selatan Sudah Penuh

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, PASIRJAMBU– Pada musim libur akhir tahun ini, hotel dan penginapan di Selatan Kabupaten Bandung seperti Ciwidey dan Pasirjambu sudah penuh sampai H+3 tahun baru. Wisatawan yang hendak menginap, diarahkan untuk menggunakan home stay yang merupakan rumah penduduk.


Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bandung, Rudi R Donal mengatakan, saat ini di Kabupaten Bandung terdapat 432 kamar yang terbagi dalam 37 hotel.

“Dengan jumlah segitu, saat ini sudah full book semua sampai tahun baru nanti,”tutur Rudi, Selasa (22/12).

Dengan penuhnya hotel yang ada di Kabupaten Bandung, hampir dipastikan pengusaha hotel mendapat untung. Menurut Rudi, perputaran uang libur tahun ini mencapai miliaran rupiah.

“Dari hotel saja sudah Rp5 miliar dalam lima hari, belum restauran yang perputaran uangnya bisa dua kali lipat,”katanya.

Rudi mengatakan, karena sudah tidak ada kamar yang bisa dipesan untuk libur akhir tahun, maka bagi wisatawan yang hendak menginap bisa menggunakan home stay.

“Ada sekitar 600 home stay. Rumah-rumah penduduk di sekitar hotel yang disewakan. Mereka merupakan binaan kami,”ujarnya.

Namun, wisatawan yang akan menggunakan home stay harus merogoh kocek lebih dalam. Soalnya, untuk menginap satu malam, harganya bisa lebihd ari Rp500 ribu. Sementara, kamar hotel di selatan Kabupaten bandung masih bisa didapat dengan harga sewa sebesar Rp300 ribu.

“Tapi kamar sudah full book. Mau tidak mau yang ingin menginap menggunakan home stay,”katanya. (mld)

Loading...

loading...

Feeds