Wow…Uang Rp500 Juta Asli Berubah Jadi Rp1Miliar Palsu

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, MARGAHAYU-  Sebanyak 4.309 lembar uang mainan mirip uang pecahan Rp100.000 diamankan Jajaran polsek Margahayu hasil kejahatan kelompok penipuan bermodus penggandaan uang. Empat orang diamankan dan satu orang masih buron.


Kapolres Bandung, AKBP Erwin Kurniawan mengatakan, penangkapan kelompok yang melakukan penipuan berkedok penggandaan uang tersebut, setelah Polsek Margahayu mendapat laporan dari Andreas Suiyono yang mengaku telah ditipu oleh para tersangka.

Kepada korban, para tersangka mengaku bisa melipat gandakan uang dengan alasan salah seorang dari mereka yakni SA merupakan anak bos dan memiliki banyak uang.

Hanya dengan bermodalkan Rp500 juta, korban dijanjikan akan mendapat uang sebesar Rp2 miliar. Karena tergiur, korban kemudian menyediakan uang yang diminta.

“Korban dan para tersangka bertemu di Sebuah Caffe Taman Kopo Indah pada 14 Desember,”tutur Erwin, Selasa (22/12).

Pada saat itu, para tersangka kemudian menyerahkan sebuah koper yang disebutkan berisi uang sebesar Rp1miliar. Setelah mendapat uang Rp500 juta dari korban, para tersangka kemudian meminta korban menunggu dengan alasan akan mengambil sisa uang yang disimpanb di dalam mobil tersangka.

“Korban menunggu, tapi tersangka tidak datang. Akhirnya korban mengecek uang dalam koper dan ternyata hampir semua uang itu hanya uang mainan,”katanya.

Dalam kopor yang diberikan para tersangka kepada korban, hanya terdapat uang asli pecahan Rp100.000 pada bagian atasnya saja, sementara pada dibalik uang asli merupakan uang maninan, bahkan di tumpukan paling bawah terdapat balok kayu yang dilapisi oleh lakban coklat.

“Korban kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada Mapolsek Margahayu,”katanya.

Anggota Polsek Margahayu pun langsung menangkap para tersangka keesokan harinya, 15 Desember 2015. Mereka adalah YS, AA, dan AH. Sedangka SA dan DA masih dalam pengejaran.

Dari peristiwa tersebut, diamankan sebuah tas berwarna hitam yang menjadi wadah uang mainan, uang mainan sebanyak 10 ikat dengan nominal per lembarnya Rp 100 ribu, sebanyak 4.309 lembar. Diamankan juga 1 unit kendaraan roda dua merek Yamaha Xeon warna hitam dan lima lembar uang pecahan Rp 100 ribu. Sisa uang korban yang dapat diamankan pihak kepolisian sebesar Rp 21,5 juta.

“Para tersangka dijerat KUHPidana Pasal 378 jo 55 dan 56 dengan hukuman 4 tahun penjara. Kami belim menemukan korban lain dari kelompok ini,” tutur Kapolres.

Kapolres mengimbau warga untuk tidak mempercayai pihak yang menjanjikan sejumlah uang dengan nominal lebih besar dengan syarat menyetorkan uang terlebih dulu. Jika menjadi korban penipuan dengan kasus serupa, warga diimbau langsung melaporkannya kepada kepolisian.

Tersangkan kasus tersebut, YS, mengatakan mendapat uang mainan tersebut dari Jakarta. Uang-uang mainan tersebut pun belum sempat dibayar kepada pencetaknya.

“Uang yang didapat dari korban dibagi-bagi. Saya dapat Rp 125 juta. Ada yang dipakai cicilan rumah, membeli bahan bangunan, bayar hutang, atau beli kendaraan,” katanya. (mld)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …