Wuiih, Kawah Putih Mulai Diserbu Wisatawan

kawah putih ciwidey

kawah putih ciwidey

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI– Jelang libur akhir tahun dan libur sekolah, objek wisata alam Kawah Putih, Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung mulai diserbu wisatawan. Lonjakan pengunjung sudah terjadi sejak pekan lalu.


Bagian pemasaran objek wisata Kawah Putih, Dedi Heryana mengatakan, pada hari biasa, kunjungan wisatawan ke Kawah Putih berkisar 1.000-2.000 wisatawan per hari. Namun, sejak pekan lalu, kunjungan meningkat menjadi 2.000-3.000 orang per hari pada hari biasa, sementarra pada akhir pekan mencapai 6.000-7.000 orang.

“Memang sudah ada peningkatan kunjungan, karena banyak sekolah yang sudah mulai libur,” ujar Dedi, Senin (21/12).

Selain itu, sebentar lagi akan memasuki libur Natal dan Tahun Baru, sehingga kunjungan dimungkinkan akan terus melonjak di akhir tahun.

Menurut Dedi, meskipun saat ini musim hujan, namun tidak menyurutkan minat wisatawan untuk datang berkunjung.

“Kalau soal cuaca tidak masalah yah. Yang penting kami selalu mewanti-wanti pengunjung agar mentaati segala pelaturannya, yah seperti rambu-rambu pohon tumbang dan lainnya. Dan kalau cuaca hujan deras serta di kawah kabut tebal, kami menutup area kawah tidak boleh dikunjungi dulu,”ujarnya.

Dedi menambahkan, karena libur Natal dan tahun baru kali ini juga bertepatan dengan libur sekolah, maka kunjungan akan terus mengalami peningkatan.

Sebab itu, dia menargetkan pada akhir tahun kunjungan bisa mencapai 20 ribu orang.

“Kami optimistis target bisa tercapai, ini dilihat tingginya animo masyarakat untuk mengunjungi objek wisata alam Kawah Putih serta berbagai objek wisata lainnya yang tersebar di Bandung Selatan ini,” ujarnya.

Asal para pengunjung yang datang ke objek wisata ini, kata dia, cukup beragam. Seperti dari Jabodetabek, Jateng, Jatim, Sumatera, Kalimantan, Papua hingga wisatawan asing dari Malaysia, Singapura, Tiongkok dan Eropa.

“Saya sudah lama mendengar tentang keindahan objek wisata Kawah Putih ini. Dan sekarang baru kesampaian datang kemari, benar-benar objek wisata alam yang indah dan asri. Orang-orang di sini juga sangat ramah dan menyenangkan terhadap pelancong seperti kami ini,” kata Mohammed Syarif (35) salah seorang wisatawan asal Malaysia.

Namun sayangnya, meskipun mengagumi keindahan objek wisata Kawah Putih itu, Mohammed mengeluhkan akses jalan. Kata dia, sejak dari Kota Bandung, kemacetan arus lalu lintas terjadi hampir sepanjang jalan. Begitu juga saat memasuki Jalan Raya Soreang-Ciwidey, jalan kecil berkelok-kelok, mengakibatkan jalan tersendat-sendat. Apalagi saat bus yang ditumpangi Mohammed dan rombongan berpapasan dengan kendaraan lain, harus melambat dan terkadang menimbulkan kemacetan.

“Objek wisata Kawah Putih ini bagus sekali. Begitu juga objek wisata lainnya di Bandung Selatan ini bagus-bagus. Tapi sayangnya akses jalan ke sini kurang baik,”katanya. (mld)

Loading...

loading...

Feeds