TAJIR! Tiga Hari Diputar, Star Wars: The Force Awakens Raup Uang Segini

Star Wars: The Force Awakens.

Star Wars: The Force Awakens.

POJOKBANDUNG.com, LOS ANGELES – Star Wars: The Force Awakens (TFA) luarbiasa. Tiga hari diputar, seperti dilansir dari Reuters, Star Wars meraup pendapatan USD 250 juta (sekitar Rp 3,5 triliun).


Sebelumnya, TFA mencatatkan sejarah sebagai film dengan pendapatan tertinggi USD 91 juta pada hari pertama penayangan. Film yang disutradarai J.J. Abrams itu sukses mengalahkan capaian Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2 yang bertahan sejak 2011. Kala itu, film produksi Warner Bros tersebut berhasil mengumpulkan GBP 9,5 juta (setara Rp 197 miliar) pada hari pertama.

Sebenarnya, film berdurasi 2 jam 16 menit itu hanya diharapkan bisa meraih USD 220 juta pada tiga hari pertama penayangan. Namun siapa kira, pencapaian selama tiga hari melebihi nominal tersebut.

’’Bahkan, melebihi rekor terakhir, yaitu Jurrasic World, yang mendapatkan USD 208 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun sepanjang pemutaran,’’ ucap perwakilan Walt Disney Co kepada Reuters.

Banyak pengamat film yang memprediksi pendapatan TFA tersebut akan terus meningkat. Tepatnya, pada akhir pekan menuju Natal nanti, pendapatan bisa meningkat hingga USD 245 juta atau sekitar Rp 3,3 triliun.

Bahkan, pendapatannya terus bertambah setelah tahun baru. Bisa jadi TFA mengalahkan box office sepanjang massa, yaitu Avatar, dengan pendapatan USD 2,8 miliar atau sekitar Rp 39 triliun. Jumlah tersebut adalah total pendapatan sejak Avatar dirilis pada Desember 2009.

Selain Avatar, ada Titanic yang menyandang film laris sepanjang masa dengan pendapatan USD 2,2 miliar atau sekitar Rp 30 triliun. TFA juga berhasil mengungguli The Hobbit: An Unexpected Journey sebagai the biggest December launch atau film laris yang diluncurkan pada Desember dengan pendapatan USD 84 juta atau sekitar Rp 1,1 triliun.

Meski dirilis setelah satu dekade, Walt Disney sangat optimistis TFA mampu mendulang pendapatan besar. Menurut produser TFA Kathleen Kennedy, Lucasfilm selalu memelihara hubungan dengan para penggemar selama 30 tahun.

’Tim pemasaran telah melakukan pekerjaan yang luar biasa,’’ ujarnya seperti yang ditulis di The Walt Disney Company.

Yang juga harus dicatat, pendapatan fantastis yang diukir TFA belum termasuk dari Yunani, India, dan Tiongkok. Yunani dan India berencana memutar TFA sehari sebelum Natal, yaitu 24 Desember. Tiongkok akan memulai pada 9 Januari 2016.

Terlepas dari hal tersebut, film yang disutradarai J.J. Abrams itu mendapatkan sambutan meriah dari masyarakat yang telah menontonnya. Film yang menampilkan banyak pendatang baru seperti Daisy Ridley (Rey), John Boyega (Finn), dan Oscar Isaac (Poe Dameron) itu mendapatkan review sempurna dalam berbagai website.

Misalnya, nilai 90 persen dari Rotten Tomatoes, website khusus film yang biasa jadi rujukan movie-goers. Dalam perusahaan survei CinemaScore, TFA juga banyak mendapat poin A dari penonton yang telah menontonnya.

CEO dan Co-Chairman Walt Disney Bob Iger saat premiere TFA mengharapkan para penonton bisa menikmati dan memetik pelajaran dari film tersebut. Sebab, Iger ingat bagaimana Star Wars yang terdahulu berdampak pada dirinya saat muda. ’’Film ini mengubah saya selamanya,’’ ucapnya kepada Hollywood Reporter. (ina/c6/kim)

Loading...

loading...

Feeds