LENGKAP! Inilah Plus Minus Lima Bos KPK

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA  – Melalui proses voting terbuka, sebanyak 54 anggota Komisi III DPR kemarin memilih lima nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk periode empat tahun mendatang, melalui surat suara tertutup.


lima nama yang akhirnya terpilih adalah Agus Rahardjo, Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, Saut Situmorang, Laode Muhammad Syarif. Agus meraih suara terbanyak dengan 53 suara, disusul Basaria dengan 51 suara, Alexander 46 suara, dan Saut serta Laode yang sama-sama memperoleh 37 suara. Agus terpilih sebagai ketua KPK.”Dengan demikian, telah ditetapkan lima nama calon pimpinan KPK untuk dibawa di pengesahan sidang paripurna,” ujar Aziz Syamsudin, Ketua Komisi III DPR.

Sementara itu Ketua Panitia Seleksi Destry Damayanti mengaku puas dengan terpilihnya pimpinan KPK.

”Saya bersyukur DPR bisa menjalankan apa yang menjadi tugas mereka. Proses juga dilakukan terbuka,” ujarnya.

Dia mengatakan pansel selama ini menyerahkan sepenuhnya pemilihan pada DPR. Menurut Destry, delapan nama yang dipilih pansel merupakan yang terbaik dari 612 pendaftar capim KPK. ”Buat kami siapapun yang terpilih merupakan hal yang positif,” ucapnya.

Selama ini pansel dalam memilih delapan nama tidak menentukan rangking. Jadi semua calon yang dipilih pansel dinilai kapabilitas keseluruhannya. ”Jadi semua itu kemampuannya hampir sama. Tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing,” terangnya.

Destry melihat Alex dan Basaria bisa banyak diharapkan di bidang penindakan KPK. Sementara Agus diharapkan bisa mengimplementasikan keilmuannya dib bidang pencegahan. ”Pak Agus memiliki pengalaman yang bagus dalam membangun eprocurement. Hal-hal yang terkait keuangan negara begitu dia kuasai,” terangnya.

Sedangkan Saut dan Laode dinilai memiliki kelebihan di bidang manajemen serta koordinasi dan supervisi.(bay/gun)

Loading...

loading...

Feeds