Armada Sampah Kab. Bandung Terbatas, Pengelolaan Perlu Libatkan Masyarakat

sampah menumpuk akibat buruknya pelayanan angkutan sampah di Soreang. (mildan)

sampah menumpuk akibat buruknya pelayanan angkutan sampah di Soreang. (mildan)

 


POJOKBANDUNG.com, SOREANG — Pengelolaan sampah harus melibatkan masyarakat. Jika hanya mengandalkan pola konvensial berupa pengangkutan sampah oleh truk sampah yang selanjutnya diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), persoalan sampah akan sulit diatasi.

”Pengangkutan oleh truk sampah itu pasti ada kendala. Apakah itu truknya mogok, atau sedang dalam perbaikan,”jelas Kepala Dinas Perumahan Tata Ruang dan Kebersihan (Dispertasih) Kabupaten Bandung, Erwin Rinaldi, Jumat (18/12/2015).

Seperti informasi yang diperolehnya dari UPTD Kebersihan, belum lama ini. Sampah di Perumahan Parahyangan Kencana Kecamatan Cangkuang, sudah dua minggu terakhir tidak bisa diangkut. Pasalnya, truk yang biasa mengangkut sampah disana, mogok.

Meski demikian, kata Erwin, dirinya sudah memerintahkan UPTD Kebersihan untuk mengirim truk sampah ke Perumahan Parahyangan Kencana.

”Sore ini juga diangkut,”cetus Erwin.

Tapi, Erwin mengaku, kondisi seperti ini yakni menggilir truk sampah untuk menggantikan truk sampah yang mogok, sulit dilakukan setiap saat karena adanya keterbatasan armada. Oleh karena itu, Erwin mengajak masyarakat untuk turut serta menangani sampah dengan cara mengelolanya.

Menurut Erwin, Dispertasih memiliki program Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST).

”Asal ada lahan, dan masyarakat mengajukan, kami akan bantu bangun TPST di sana,”jelas dia.

Dengan adanya TPST ini, tambah Erwin, masalah sampah bisa selesai di lingkungan masyarakat sendiri. Sampah-sampah yang memiliki nilai ekonomis dipilah dan dijual. Sedangkan sampah basah bisa diolah menjadi kompos.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Cara Memperbarui Whatsapp GB

POJOKBANDUNG.com–DENGAN menggunakan whatsapp GB tentu akan mendapatkan banyak fitur yang tidak di miliki whatsapp resmi. Pengguna dapat menginstalnya melalui berbagai …