5 Jajanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba

POJOKBANDUNG.com, Bandung selalu menjadi destinasi wisata utama baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak heran jika Bandung menjadi surga wisata kuliner bagi para wisatawan suka berjelajah mencicipi bermacam-macam kuliner unik dan bakal jarang anda temui dikota asal. Pada artikel kuliner kali ini akan memberikan 5 rekomendasi jajanan khas Bandung yang wajib untuk anda coba saat sedang berada di Kota Bandung.


  1. Batagor

Batagor

Siapa yang tidak mengenal makanan yang berbahan dasar tahu yang dilembutkan diisi adonan berbahan ikan tenggiri telah menjadi ikon kuliner kota Bandung. Dipaduan dengan bumbu kacang, sambal pedas, kecap, dan perasan jeruk  disajikan dalam keadaan hangat memberikan cita rasa yang begitu nikmat. Batagor mudah ditemui disudut kota Bandung dari pusat perbelanjaan maupun dipinggir jalan.

  1. Colenak

Colenak

Colenak atau dikenal dengan tape bakar adalah kudapan khas Bandung yang terbuat dari peuyeum. Yang menjadi jadi istimewa adalah cara menikmati disantap dengan dicocolkan tape bakar pada gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa. Karena peuyeum memiliki kadar gula yang tinggi akibat proses fermentasinya, pembakaran peuyeum tidak perlu dilakukan terlalu lama karena akan mudah gosong. Meski demikian, oleh sebagian orang,  sisi yang gosong akibat terbentuknya karamel ini dianggap merupakan bagian paling nikmat dari Colenak.

  1. Seblak

Seblak

Enak dan pedas hal yang akan terlintas dipikiran anda apabila mencicipi makanan khas Bandung yang satu ini. Seblak adalah makanan yang berbahan dasar dari kerupuk yang direbus agar lebih empuk. Seblak sekarang hadir dengan berbagai macam variasi seblak basah dan seblak kuah diantaranya ada seblak ceker ,seblak kerupuk mie, seblak jamur, seblak makaroni, seblak seafood dan masih banyak lagi.

  1. Surabi

Surabi

Surabi Bandung adalah salah satu makanan tradisional khas Bandung yang cenderung lebih tebal dan memilik rasa gurih. Surabi biasanya dibuat dengan menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas dan berbeda. Seiring perkembangnya zaman, banyak yang melakukan inovasi yang sebelumnya surabi hanya dengan menggunakan taburan topping oncom sekarang berbagai macam jenis seperti keju, sosis, dan mayones.

  1. Cilok

Cilok

Cilok merupan singkatan dari aci dicolok merupan jajanan khas Bandung yang memiliki cita rasa yang enak dan apabila dimakan terasa kenyal. Terbuat dari tepung tapioka yang diberi bumbu pelengkap seperti sambal kacang,  kecap, dan saus. Cilok berbetuk bulat kecil-kecil yang biasanya didalamnya terdapat telur atau daging cincang. Jajanan ini cocok sekali dinikmati tiba-tiba anda pengen ngemil makanan. (NKN)

 

 

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …