RESMI: Agus Rahardjo Ketua KPK Terpilih

Ketua KPK Agus Rahardjo

Ketua KPK Agus Rahardjo

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Agus Rahardjo terpilih sebagai Ketua KPK periode 2015-2019. Kepastian  itu setelah Komisi III DPR melakukan voting sebanyak dua putara.


Agus meraih suara terbanyak pada voting putaran kedua yakni 44 suara dan menyisihkan empat kandidat lainnya.

Sebelumnya diberitakan, Komisi III DPR merampungkan voting pemilihan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) dalam rapat pleno pada Kamis (17/12) malam. Dari 10 calon, 5 telah ditetapkan sebagai pimpinan terpilih lembaga atirasuah itu.

Kelimanya merupakan wajah baru, yakni Alexander Marwata (46), Saut Situmorang (37), Basaria Panjaitan (51), Agus Rahardjo (53) dan Laode Muhammad Syarif (37).

“Untuk putaran kedua, kita akan memilih calon ketua komisi pemberantasan korupsi,” kata Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin selaku pimpinan rapat.

Sedangkan lima capim lain tersingkir, termasuk wajah lama yakni Busyro Muqoddas yang hanya meraih 2 suara dan Johan Budi 25 suara. Nama lain seperti Sudjanarko peroleh 3 suara, Surya Tjandra tidak ada yang memilih. Kemudian Robby Aryabrata meraih 14 suara.

Dalam pleno komisi III ini ada 54 anggota yang memiliki hak suara, masing-masingnya berhak memilih maksimal 5 calon dari 10 nama. Saat ini, sidang diskors jelang pemilihan ketua KPK yang juga melalui voting. Satu anggota DPR akan memilih 1 dari 5 pimpinan terpilih.(fas//frijpnn)

Loading...

loading...

Feeds

Rizieq Syihab Terancam Pidana

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab telah meninggalkan Rumah Sakit (RS) Ummi di Kota Bogor, Sabtu (28/11).