Astagfirullah, MTQ Dijadikan Ajang Judi

POJOKBANDUNG.com, Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) kerap menjadi ajang judi. Dan karena hanya sebatas mengejar kemenangan, setiap daerah bermain curang dengan menyewa peserta dari daerah lain.


Ade Yuliasih, anggota DPRD Banten daerah pemilihan Kota Serang mengatakan bahwa banyak kabupaten/ kota di Banten yang saat kegiatan MTQ digelar mengambil peserta dari daerah lain, bahkan luar Banten. Ia mengaku prihatin dengan fenomena ini. Padahal inti dari MTQ adalah mencari dan membina bibit unggul di daerah sendiri dalam bidang MTQ.

“Jangan ikuti daerah lain. Ngedrop peserta dari daerah lain itu kan judi,” kata Ade, Selasa (15/12).

Ade mengatakan bahwa lebih baik kalah dalam ajang MTQ dari daerah lain tapi peserta MTQ adalah warga sendiri. Dengan demikian maka kekalahan akan menjadi pembelajaran untuk memperbaikinya ke depan. Segala kekurangan yang dimiliki kemudian dapat diperbaiki dengan pembinaan, pelatihan, dan upaya lainnya.

“Ini yang saya harapkan. MTQ jangan dijadikan judi,” ujarnya.

Ade mengungkapkan bahwa tahun 2016 mendatang DPRD mengalokasikan anggaran Rp5 miliar untuk Kota Serang guna acara MTQ tingkat Provinsi Banten yang akan digelar di Kota Serang. Karena itu ia berharap kegiatan itu benar-benar dimanfaatkan untuk melatih warga Kota Serang dalam ajang tersebut. Ia mengatakan pada MTQ sebelumnya Kota Serang merupakan daerah yang mengambil peserta dari daerah luar.

“Ini saya tidak bangga. Pengennya saya mengembangkan SDM di bidang keagamaan. Kalau selalu ngambil dari luar masyarakat kita kapan majunya?” katanya.

Kepala Bagian Kesra Setda Pemkot Serang Khaerul Saleh menjamin pada MTQ tahun depan tidak akan ada peserta cabutan di Kota Serang. Karena itu sejak Senin lalu pihaknya mengadakan seleksi tilawatil quran guna menjaring warga Kota Serang yang memiliki potensi di bidang MTQ. Setelah itu mereka akan dilatih dan dibina. Mereka inilah yang akan menjadi perwakilan Kota Serang dalam ajang MTQ tingkat Provinsi Banten.

Seleksi tilawatil quran kita pusatkan di Kecamatan Kasemen, kata Khaerul.

Kasubag Keagamaan Kesra Setda Pemkot Serang Lukman Hakim menambahkan bahwa peserta seleksi tilawatil quran merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan terbaik di bidang MTQ, yang diusulkan oleh LPTQ di tiap kecamatan. Dengan demikian, pemenang MTQ tingkat Kota Serang bisa saja tidak secara otomatis dikirimkan dalam ajang MTQ tingkat Provinsi Banten mewakili Kota Serang.

Mereka yang lolos seleksi akan ikut dalam 7 mata lomba,  katanya seraya menambahkan untuk 4 mata lomba lain, yaitu fahmil quran, syarhil quran, musabaqoh memahami ilmu al Quran, dan kaligrafi yang membutuhkan pembentukan regu, akan diseleksi di luar seleksi tilawatil quran yang akan berakhir hari ini. (toh)

 

Loading...

loading...

Feeds

Tersangka, Rizieq Syihab Terancam 6 Tahun

Polda Metro Jaya akhirnya resmi melayangkan surat panggilan kepada Rizieq Syihab. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu dipanggil terkait kerumunan saat …

Teras Cihampelas Sepi, Begini Penampakannya!

  POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Sempat menjadi salah satu primadona kawasan wisata belanja Kota Bandung, kondisi Teras Cihampelas kini memprihatinkan. Tak …