Pengusaha Mie Berformalin Ini, Terancam Hukuman Penjara Seumur Hidup

palu-sidang

palu-sidang

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Produsen mie basah di Kota Sukabumi Iis Rusminajah terancam hukuman penjara seumur hidup. Solanya, produk pangan yang diproduksinya mengandung formalin.

Hal tersebut terungkap dalam sidang terdakwa beragendakan saksi di Pengadilan Negeri Kelas 1A Bandung.

Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Tedy Setiawan menuturkan, pada Maret 2014, petugas Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Bandung menyidak rumah produsen terdakwa di Jalan Letda T Asmadi no 30 RT 003/001 Kelurahan Gedong Panjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.

“Mie basah yang ditemukan oleh dua petugas, dicurigai telah menggunakan bahan terlarang dan saat itu juga langsung diperiksa menggunakan tes kit formalin. Dan hasilnya positif mie basah yang diproduksi terdakwa mengandung formalin,” ujar Tedy di Pengadilan Negeri Kelas 1A Jalan LLRE Martadinata Bandung, Selasa (15/12/2015).

Tedy menyebutkan, barang bukti pangan yang diamankan diantaranya, mie basah seberat 25 kilogram yang dikemas dengan 30 bungkus, coustic soda sebanyak satu karung, formalin sebanyak satu setengah jerigen, air olahan satu seperempat jerigen, terigu satu karung, pewarna dua bungkus, dokumen satu plastik.

“Barang bukti pangan yang diamankan yaitu mie basah, telah diuji ulang pada Agustus 2014 lalu oleh petugas balai besar dan hasilnya sama, positif terdapat bahan berbahaya formalin,” katanya.

Akibat perbuatannya, terdakwa terancam hukuman 10 tahun penjara sebagaimana diatur dalam pasal 136 huruf b jo pasal 75 ayat 1 huruf b Undang Undang Republik Indonesia nomor 18/2012 tentang Pangan.
(cesar)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …