Capim KPK: KPK Bisa Tindak Presiden Kalau Terbukti Korupsi

POJOKBANDUNG.com, Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Surya Tjandra ditantang untuk membongkar kasus korupsi yang melibatkan Presiden


Surya menilai tantangan tersebut masih tabu untuk dilakukan bagi beberapa calon pimpinan KPK. Sebab secara kelembagaan, KPK berada di bawah Presiden. Namun dirinya berkomitmen untuk tetap mengusut kasus korupsi di level elit seperti Presiden

Menurutnya setiap pimpinan KPK harus memiliki keberanian untuk membongkar kasus-kasus korupsi tanpa memandang latar belakang

“Bukan berarti Presiden tidak dapat ditindak oleh KPK. KPK itu tunduk sekaligus tidak tunduk terhadap Presiden,” tegas Surya saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan capim KPK di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/12).

Surya Tjandra merupakan capim ke lima yang diuji Komisi III DPR RI. Dalam pemaparannya, Surya menitikberatkan pada sinkronisasi kelembahgaan penegak hukum dalam proses pencegahan korupsi.

Di samping itu menurutnya KPK akan lebih fokus dengan menyelesaikan akar persoalan korupsi seperti kesenjangan ekonomi dan hukum. Hal itu menurutnya lebih penting dibandingkan hanya menindak tapi tak menyentuh akar masalahnya.

Sebab pemberantasan korupsi itu harus punya efek langsung peningkatan kesejahteraan

Langkah ekstrem yang akan dilakukan Surya jika terpilih menjadi ketua KPK adalah membatasi pimpinan untuk berbicara di media guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya usul ada pembatasan pimpinan KPK bicara ke media karena tidak semua orang paham popularitas, tidak semua orang bisa popular tanpa terhanyut, maka pimpinan harus mengurangi komunikasi langsung dengan publik dan media,” tandas Surya yang pada Pilpres lalu merupakan relawan Jokowi. (zul)

Loading...

loading...

Feeds