Wow…Pemkot Bandung Luncurkan Bandung Smart Card

ridwan kamil

ridwan kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung meluncurkan Bandung Smart Card untuk mendukung Bandung Smart City sekaligus Gerakan Nasional Non Tunai. Smart card (kartu pintar) Kota Bandung ini akan dirilis tiga kali.

“Alhamdulillah setelah kita tujuh bulan persiapan kerjasama dengan lima perbankan, yakni BAnk BCA, Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri dan Bank Mega dibantu dengan Telkom, kita merilis tahap satu, jadi ada tiga tahap,” ujar Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, kepada wartawan Senin (14/12).

Ridwan Kamil mengatakan, kartu pintar ini, bisa digunakan untuk berbagai transaksi. Misalnya untuk membayar uang sekolah, membayar Trans Metro Bandung (TMB), membayar parkir, dan beberapa transaksi lainnya.

“Nanti tahap dua masuk ke data pribadi, ada data kesehatan, pendidikan. Jadi kalau ke rumah sakit ke dokter tidak usah membawa record, sampai satu hari seluruh warga Bandung cukup dengan satu kartu untuk semua urusan dari mulai data sampai transaksi,” papar Ridwan Kamil.

Program ini, lanjut Ridwan Kamil, merupakan salah satu upaya untuk membantu Bank Indonesia (BI) dalam mengurangi transaksi tunai. Mengingat transaksi non tunai di Kota Bandung hingga Oktober tahun ini sebesar Rp330 triliun.

“Masih ada sekitar Rp49 triliun yang mengunakan transaksi tunai. Dan kita akan menggiring untuk mengunakan transaksi non tunai,” terangnya.

Ridwan Kamil berharap, dalam dua tahun ke depan bisa mendukung gerakan nasional non tunai.
“Harapan kita, di 2017 gerakan non tunai jadi kultur dari mulai di angkot, di warung kecil, bis dan dimana-mana sedang diproses. Dengan teknologi baru mesin pembacanya tidak perlu lagi mesin yang gede, bisa pakai HP kan teknologinya bisa menscan dan menyedot transaksi dengan HP. Inilah konsep smart city kota Bandung dengan digital,” paparnya.

Sayangnya, meski Ridwan Kamil mengaku TMB sudah disiapkan mesinnya dan instaling mesin parkir, namun kartu pintar belum bisa digunakan dalam waktu dekat.
(mur)

Loading...

loading...

Feeds

habibie

Wabup Pimpin Salat Gaib untuk B.J Habibie

POJOKBANDUNG.com, SUBANG- Berduka atas wafatnya Presiden Indonesia ke-3 almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie, ratusan ASN Pemkab Subang bersama masyarakat melaksanakan Salat …
habibie

Oded: Habibie Pengingat Zikir dan Berpikir

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Walikota Bandung, Oded M Danial punya pandangan sendiri tentang Presiden ke-3 RI B.J Habibie. Di mata Oded, …
terkotor

Bandung Kota Terkotor di Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Berbagai cara telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk menyandang predikat kota yang bersih. Dari seabrek program …

Revisi UU Dinilai Bisa Membuat KPK Lebih Baik

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG  – Revisi UU KPK mendapat dukungan dari masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Masyarkat Jawa Barat (GMJB). Mereka meyakini …
riasan

Riasan Antik Bikin Siswa Asyik

POJOKBANDUNG.com, SETIAP  guru punya metode khas agar siswanya nyantol. Yang dilakukan Theeraphong Meesat ini unik. Dia berdandan nyentrik. Mirip badut. …